HUT ke-5, Ribuan Pemancing Mancing Bareng PAUS di Pantai Selatan Purworejo

GRABAG, purworejo24.com – Ribuan pemancing dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan DIY, secara antusias mengikuti lomba memancing di sepanjang tepi Pantai Jetis, Pantai Harjobinangun, hingga Pantai Ketawang, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, pada Minggu (17/12/2023).

Kegiatan memancing tersebut diselengarakan oleh Komunitas Pasiraners Urut Sewu (PAUS).

Pasiraners adalah sebutan untuk pemancing yang suka memancing di pesisir pantai. Namun, Urut Sewu adalah sebutan wilayah pesisir pantai yang ada di Kabupaten Purworejo hingga Kebumen. Adapun, komunitas tersebut berbasis di Pantai Selatan Kabupaten Purworejo.

Ketua Komunitas PAUS Sularso, mengatakan bahwa kegiatan lomba memancing di pesisir pantai itu digelar dalam rangka memperingati lima tahun berdirinya komunitas PAUS. Acara tersebut telah digelar secara rutin setiap tahun di Pantai Jetis hingga Pantai Ketawang.

“Kalau agenda kali ini diikuti kurang lebih 1.500 peserta, dengan jarak 2,5 km dan pesertanya dari berbagai daerah, antara lain Jogja, Purworejo, Kebumen, Magelang, dan Wonosobo bahkan ada dari luar jawa yakni dari pulau Bali,” katanya.

Diungkapkan, bahwa agenda lomba memancing itu bermula dari hobi para pemancing di pesisir pantai Purworejo. Sehingga mereka membuat suatu komunitas Pasiraners yang kemudian berkembang dan terbentuk di Yogyakarta dan Magelang.

“Ya, yang akhirnya mereka menggelar perlombaan memancing di Pantai Jetis pada Desember setiap tahunnya. Jadi kegiatan itu semacam reuni, pertemuan antara temen-temen Pasiraners yang ada dari berbagai wilayah. Tujuannya untuk menjalin tali silahturahmi antar sesama pemancing,” ungkapnya.

Sularso menjelaskan, dengan memilih Pantai Jetis sebagai tempat menggelar kegiatan itu.Yakni salah satunya untuk mempromosikan dan memperkenalkan potensi wisata pantai di Kabupaten Purworejo. Antara lain Pantai Jetis, Pantai Harjobinangun, dan Pantai Ketawang yang berada di satu jalur lurus serta berdekatan.

“Kami juga ingin mensosialisasikan kepada masyarakat terkait gerakan untuk suka makan makanan laut, semisal ikan. Karena makanan laut memang lebih sehat. Semoga bisa menarik minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Purworejo, Hj Yuli Hastuti SH yang berkesenpatan hadir dan menyerahkan hadiah, bersama Wakil DPRD Kabupaten Purworejo Kelik Susilo Ardani, dan Forkompincam Kecamatan Grabag, menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada PAUS, yang telah berinisiatif mengadakan kegiatan mancing bareng dalam rangka ulang tahun ke 5 PAUS.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan, yang semakin meningkat kualitas dan kuantitasnya, sehingga mampu menarik para mancing mania dari berbagai daerah,” tuturnya.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan Bupati juga mampu meningkatkan konsumsi ikan masyarakat yang masih relatif rendah. Karena dengan mengkonsumsi ikan terbukti sangat bermanfaat bagi tubuh.

“Dengan meningkatnya konsumsi ikan juga akan meningkatkan pendapatan petani dan pedagang ikan, sehingga pada gilirannya akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” pungkasnya. (P24/wid)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *