Komisi B Tawarkan Alternatif Solusi atas Polemik Puluhan Pedagang dengan Pemkot Jaksel

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTAKomisi B DPRD DKI Jakarta menawarkan alternatif solusi atas polemik puluhan pedagang di Perumahan Alfa Indah, Kelurahan Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan dengan Pemkot Administrasi Jakarta Selatan.

Salah satu alternatifnya adalah memanfaatkan lahan di wilayah setempat sebagai tempat parkir rumah sakit dan sentra pedagang.

“Kita bisa rumuskan bersama di lahan tersebut, bisa digunakan mixed use (multi fungsi), untuk lahan parkir sekaligus untuk para pedagang ini yang 29,” ujar Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail pada Selasa (19/12/2023).

Hal itu dikatakan Ismail saat rapat audensi antara Pemkot Jaksel dengan Paguyuban Pedagang Perumahan Alfa Indah di DPRD DKI Jakarta pada Selasa (19/12/2023) siang.

Baca juga: Legislator DKI Semprot Camat dan Lurah di Jaksel, Dinilai Tak Peka terhadap Pedagang

Saat itu, 29 pedagang mengeluhkan lapak usaha mereka digusur petugas pada Selasa (12/12/2023) lalu.

Meski lapaknya dibangun di atas lahan pemerintah daerah, tapi mereka tak rela lokasi tersebut dijadikan tempat parkir rumah sakit di sana.

Adapun rumah sakit itu baru saja dibangun dan rencananya akan dioperasikan pada Januari 2024 mendatang.

“Ciptakankah satu konstruksi bangunan atau area yang apik, bisa digunakan secara maksimal untuk parkir dan nanti berbayar sistem sewa, bisa juga menampung para pedagang eksisting dengan tampilan yang lebih rapi lagi,” kata Ismail.

Baca juga: RS Swasta Dicurigai Jadi Otak Penggusuran Lapak Pedagang di Pesanggrahan oleh Satpol PP DKI

“Jadi berkah untuk semuah pihak, rumah sakit dapat berkah berupa lahan parkir dan para pedagang juga dapat berkah, dengan berdampingan di lahan parkir maka omzetnya bisa bertambah dari pengunjung rumah sakit,” lanjutnya.

Menurut dia, jika memang lahan tersebut akan digunakan untuk lahan parkir, tentu pihak rumah sakit akan mengajukan permohonan kepada Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD).

Secara aturan diperbolehkan, namun skema yang diberikan berupa sewa lahan.

“Jika memang benar ada kepentingan dari pihak rumah sakit terhadap lahan tersebut untuk bisa memenuhi kebutuhan lahan parkirnya. Katakanlah nanti dia berproses kepada BPAD, tentunya sistemnya sewa, nggak mungkin mereka bayar retribusi dan itu bisa dipastikan akan dapat izin,” ungkap Ismail.

Baca juga: Legislator DKI Semprot Camat dan Lurah di Jaksel, Dinilai Tak Peka terhadap Pedagang

Diberitakan sebelumnya, nasib apes dialami puluhan pedagang di Perumahan Alfa Indah, Kelurahan Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Maksud hati mengajukan perizinan lokasi sementara (loksem) untuk berdagang, lapak yang telah mereka huni sejak 1984 itu justru digusur Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Halaman selanjutnya

Halaman

12

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *