Pengamat Yakin Slepet Imin Bisa Ambil Suara Anak Muda

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar hadir dalam acara Slepet Imin yang digelar di M District, Margonda, Depok, pada Selasa malam (19/12). 

Ambang Priyonggo, dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Gading Serpong, Tangerang, mengatakan bahwa acara tersebut merupakan bentuk upaya Gus Imin untuk membuka ruang-ruang yang demokratis di kalangan anak muda. 

“Ruang demokratis bagi anak muda ini harus terus dipelihara, bukan hanya di ruang-ruang akademik saja. Ruang-ruang di luar itu harus juga dipelihara. Slepet Imin merupakan salah satu cara saja,” kata Ambang.

Ambang melanjutkan Slepet Imin merupakan bentuk keberanian Gus Imin untuk membuka ruang diskusi dengan generasi milenial dan gen z, karena merekalah pemilih mayoritas dalam Pemilu 2024 nanti.

Dia tidak menampik bahwa Slepet Imin juga sebuah upaya untuk menggaet pemilih dari anak muda karena masa kampanye ini harus dimanfaatkan untuk menggaet pemilih.

Merujuk pada survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis pada 9 Desember 2023, menunjukkan bahwa baru 22,6 persen gen z (rentang usia 26 tahun ke bawah) yang memilih AMIN. 

“Anak muda ini menjadi pemilih mayoritas dan tidak heran Gus Imin mencoba menggaet suara mereka,” pungkas Ambang.

“Dibanding dengan cara tradisional seperti mengunjungi komunitas-komunitas dan dialog satu arah, membagi-bagi barang, ini bisa dikatakan sebuah inovasi dalam cara berkampanye,” tambah dirinya.

Depok merupakan kota ketiga yang menggelar acara Slepet Imin setelah Padang dan Medan. Slepet Imin pun akan hadir di kota-kota lainnya. (****)

Baca Berita WARTAKOTALIVE.COM lainnya di Google News

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *