Polemik Salat, Komandan Timnas AMIN Mendesak Zulkifli Hasan Minta Maaf: Jangan Cederai Ritual Agama!

WARTAKOTALIVE.COM – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) didesak untuk segera meminta maaf.

Desakan untuk Zulhas itu datang dari Komandan Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Anies Rasyid BaswedanAbdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin atau Gus Imin (AMIN) Jawa Timur, KH Abdussalam Sohib atau Gus Salam.

Ia menyayangkan pernyataan salah satu ketua partai pendukung pasangan Capres dan Cawapres Nomor Uru 02, Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka tersebut.

Menurut kiai yang juga paman dari Cawapres Cak Imin, seharusnya kontestasi politik dibuat dengan gembira dan proporsional.

Baca juga: Pidato Zulkifli Hasan Dianggap Menistakan Salat, Reiza Patters: Saya Rasa, Rakyat Sudah Sangat Muak

“Ini kan sebenarnya bagian dari proses yang rutin berjalan lima tahun sekali. Jangan sampai mencederai ritual-ritual agama yang sebenarnya kita hormati bersama” ujar Gus Salam, Rabu, (20/12/2023)

Zulhas, menurut Gus Salam, adalah figur pemimpin partai berbasis Islam.

Pria yang masih cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) ini mengembalikan kepada Zulhas terkait pernyataannya yang mengaitkan politik dengan ritual agama.

“Mestinya segera minta maaf khususnya kepada umat Islam setelah dia (Zulhas) menyampaikan pernyataan yang tidak perlu dan membuat gaduh di masyarakat.”

“Agar eskalasi politik yang terjadi tidak mengarah pada sesuatu yang bisa membuat orang saling mencaci maki dan menghina” papar dia.

Gus Salam melihat dengan meminta maaf, Zulhas diharap bisa menjaga situasi kondusif dan mampu jaga keragaman di masyarakat.

Dia meminta ke depan segenap figur politik tidak berlebihan dalam mengkampanyekan pasangan calon yang didukung.

“Kalau ada yang melakukan hal negatif karena ini negara hukum semua punya hak dan kewajiban. Kita punya hak dan kewajiban itu secar proporsional,” tuturnya.

Zulhas menurut Gus Salam seharusnya belajar dari pengalaman insiden bekas Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Pernyataan Zulhas yang diduga menodai agama Islam terkait bacaan surat Al=Fatihah dan tahiyatul akhir dalam acara Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) pada Selasa, 19 Desember 2023.

Halaman selanjutnya

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *