Kick-off UKW PWI Bantuan Kementerian BUMN Dimulai di Aceh, NTT, dan Sulut, 28 Desember 2023

 WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA–  PWI Pusat bekerja sama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di 38 provinsi di Indonesia.

Kick Off UKW di 38 provinsi tersebut akan dilaksanakan pada 28 Desember 2023. 

UKW gratis untuk wartawan di Indonesia adalah salah satu janji yang disampaikan Hendry Ch Bangun, Ketua Umum PWI, pada Kongres PWI di Bandung, Jawa Barat, September 2023. 

Pada tahap awal akan dimulai di tiga provinsi yaitu Aceh, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Sulawesi Utara (Sulut).

Targetnya 38 PWI Provinsi ditambah satu daerah khusus yaitu PWI Solo akan dilaksanakan UKW gratis melalui PWI Pusat.

Dalam menjalankan program UKW PWI kerja sama dengan Kementerian BUMN ini, kata HCB, panggilan Hendry Bangun, akhir pekan ini.

Direktorat UKW PWI juga telah menyiapkan infrastruktur tata kelola pengujian seiring dengan telah dikeluarkannya Peraturan Dewan Pers Nomor 03/2023 tentang Standar Kompetensi Wartawan (SKW).

Direktur LUKW PWI Firdaus Komar menambahkan, berkaitan dengan infrastruktur sosial tata kelola pengujian di dalamnya, sejalan dengan hasil asessmen psikotes menjadi pedoman dalam penetapan SK para penguji.

Baca juga: Uji Kompetensi Wartawan PWI Ditunda Sebulan, Hendry Ch Bangun: Kami Perbaiki Direktorat UKW

Selanjutnya para penguji wajib untuk mengisi dan menandatangani pakta integritas penguji, penandatanganan kode etik penguji dan kode perilaku penguji.

Selain itu, untuk meningkatkan tata kelola pengujian di LUKW PWI, saat ini telah selesai disusun draft buku pedoman pengelolaan LUKW PWI.

“Masih menunggu finalisasi terkait dengan modul-modul mata uji yang saat ini Dir UKW sharing dengan komisi kompetensi PWI,” jelas Firko.

Berkaitan dengan LUKW PWI dukungan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini, Ketua PWI Pusat, HCB telah menandatangani kerja sama dengan Kementerian BUMN.

HCB mengaku bahwa dari Kementerian BUMN mempercayai bahwa wartawan adalah bagian utama industri pers yang akan bekerja secara profesional.

Atas profesionalitasnya itu maka pemerintah dan industri lain, termasuk BUMN, sangat memperhatikan industri pers.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *