Tahun Baru Telah Tiba, Jangan Lupa Menjaga Kesehatan, Berikut 6 Tips Liburan Nyaman dan Sehat

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Musim liburan akhir tahun telah tiba.

Momen liburan tahun baru ini tentu dimanfaatkan healing bersama keluarga atau teman dekat.

Namun, kesehatan tubuh juga harus diperhatikan agar liburan yang sudah direncanakan tidak buyar.

Praktisi kesehatan masyarakat, dr Ngabila Salama beberkan cara menjaga kesehatan tubuh pada musim liburan.

Pola hidup sehat, kata Ngabila, harus terus dilakukan setiap hari dengan dua cara, CERDIK dan CERIA.

“Untuk meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan fisik dan mental,” ujar dia, kepada Wartakotalive.com, Selasa (26/12/2023).

CERDIK merupakan akronim dari Cek kesehatan rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres.

“Cek kesehatan rutin, yakni usia 15 tahun ke atas cek gratis penyakit tidak menular di puskesmas atau posbindu terdekat 6-12 bulan sekali,” tuturnya.

“Enyahkan asap rokok, yaitu perokok aktif dan pasif sama-sama berbahaya dan Rajin olahraga minimal 6.000 langkah per hari atau 30 menit per hari, 5 kali dalam seminggu,” lanjut Ngabila.

Untuk diet seimbang, ia menuturkan harus makan sayur dan buah lima porsi per hari hingga kurangi konsumsi gula, garam, serta lemak.

“Maksimal per hari konsumsi pada makanan dan snack, yaitu gula 4 sdm, garam 1 sdt, lemak 5 sdm sudah termasuk minyak,” kata dia.

“Istirahat cukup minimal 7 jam per hari dan kelola stres secara baik dengan meditasi, rekreasi, ibadah, dan lain-lain,” sambungnya.

Sedangkan CERIA adalah akronim dari Cerdas intelektual, emosional, dan spiritual; Empati dalam berkomunikasi efektif; Rajin beribadah sesuai agama dan keyakinan.

“Lalu Interaksi yang bermanfaat bagi kehidupan dan Asah-asih-asuh tumbuh kembang dalam keluarga dan masyarakat,” ucap Ngabila.

Halaman selanjutnya

Halaman

12

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *