Roy Suryo Ajukan Somasi, tak Terima Disebut Tukang Fitnah, Anggota KPU: Itu Risiko Pekerjaan

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Permasalahan somasi yang dilayangkan pakar telematika Roy Suryo kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asyari, dinilai sebagai risiko pekerjaan.

Hal itu disampaikan oleh anggota KPU RI, Betty Epsilon Idroos, di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (28/12/2023).

Diketahui, somasi yang dikirimkan oleh Ristan BP Simbolon, kuasa hukum Roy, buntut dari ucapan Hasyim yang menyebut Roy “tukang fitnah”.

Menurut Betty, jika hal tersebut merupakan konsekuensi pekerjaan.

“Dan Ketua (Hasyim) menyampaikan semua konsekuensi pekerjaan, salah satunya mendapat somasi, itu akan dilalui sebaik mungkin oleh Ketua,” tuturnya.

Betty juga mengatakan, somasi sebagai konsekuensi pekerjaan itu disampaikan oleh Hasyim saat rapat pleno terbuka perubahan pemilihan luar negeri.

Diketahui, Roy Suryo mengaku keberatan atas tudingan Ketua KPU Hasyim Asyari yang menyebutnya “tukang fitnah”.

Baca juga: Ketua KPU RI Tak Gentar Dilaporkan Roy Suryo ke Polisi, Hasyim: Dia Baru Bebas dari Penjara

Tudingan tersebut disampaikan Hasyim saat mengomentari pernyataan Roy soal kritikan penggunaan tiga mikrofon oleh cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, pada debat yang digelar Jumat (22/12/2023) lalu.

Sedangkan, mantan politisi Partai Demokrat yang kini ketua Majelis Agung Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), I Gede Pasek Suardika, justru meminta Roy Suryo untuk bertobat dan berhenti buat gaduh.

“Sebagai mantan kolega dulu di PD, Saya sarankan sebaiknya Roy Suryo bertobat dan berhenti membuat gaduh dengan narasi konspiratif yang dilakukan terkait Debat Pilpres,” kata Gede Pasek Suardika kepada wartawan di Jakarta, Kamis (28/12/2023) malam.

Baca juga: Roy Suryo Tuduh KPU Bantu Gibran Pakai 3 Mic, Gede Pasek: Tobat, Jangan Buat Gaduh terus

Pasek mengatakan, soal tudingan tidak netral, lalu membangun narasi kalau salah satu peserta debat dapat privilege sangat berbahaya.

Karena bisa meracuni harmoni sosial di masyarakat yang sedang naik tensi politiknya.

“Memang menurut saya yang diungkapkan Roy Suryo sudah menjurus ke fitnah,” ujarnya.

“Buat gaduh saja apalagi dengan label pakar telematika segala,” imbuhnya.

Halaman selanjutnya

Halaman

12

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *