Benjamin Netanyahu Stres, Mesir Bakal Lakukan Serangan Bila Israel Kuasai Poros Philadelphia

WARTAKOTALIVE.COM – Mohamed Makhlouf selaku Pakar Keamanan Nasional Mesir menilai pidato Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu soal penguasaan Rute Philadelphia bersifat provokatif.

Kata Mohamed Makhlouf, pernyataan Benjamin Netanyahu itu merupakan serangan terhadap perjanjian perdamaian antara Mesir dan Israel yang dikenal dengan nama Camp David,

Diketahuhi, pada Sabtu, Benjamin Netanyahu menyatakan kalau Poros Philadelphia harus berada di tangan Tel Aviv, dan menekankan kalau Israel tidak akan menerima opsi lain demi memberantas Hamas.

Mohamed Makhlouf, wakil pemimpin redaksi di “Dar Akhbar Al Youm,” menyatakan kalau ia melihat pernyataan Benjamin Netanyahu sebagai upaya seret Mesir sebelum waktunya ke dalam peperangan, langsung sebagai tanggapan terhadap pernyataan provokatif itu.

Baca juga: Eks Menteri Agama Palestina dan Khatib Masjid Al Aqsa Youssef Salama Tewas Akibat Serangan Israel

Seperti dilansir media Mesir, Khaberni, Mohamed Makhlouf menegaskan, Mesir lazimnya enggan merespons aksi verbal.

Sebaliknya, kata dia, Mesir tanpa basa-basi akan selalu merespons secara praktis terhadap aksi yang melewati garis merah, tak hanya melalui pernyataan.

Dia mencontohkan aksi Mesir yang langsung bertindak saat eskalasi meningkat dan garis merah cenderung dilanggar di Sirte-Jufra saat konflik terjadi di Libya pada 2020 silam.

“Pernyataan ini upaya putus asa Netanyahu untuk menyiratkan kelanjutan pemerintahannya dan untuk menenangkan masyarakatnya dengan pernyataan simpatik yang akan dengan cepat membayangi pengurangan kehadirannya dalam otoritas Israel,” kata Makhlouf.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. (JN)

Makhlouf menyebut, rasa frustasi Netanyahu terutama karena ia telah terekspos secara politik, ekonomi, dan secara militer terhadap gerakan perlawanan di Palestina.

Lebih jauh lagi, ia memperingatkan Netanyahu agar tidak mendekati perbatasan Mesir.

Dia menegaskan bahwa tindakan tersebut merupakan tindakan yang tidak bisa ditolerir.

“Tanah Mesir tidak pernah dan tidak akan pernah dilanggar,” katanya.

Halaman selanjutnya

Sumber: Tribunnews

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *