Jelang Kunjungan Presiden Ke Purworejo, Bendera PDI-P Diduga Dicopot Orang Tak Dikenal

PURWOREJO, purworejo24.com– Bendera Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah dicopot dan dirusak oleh orang tak dikenal (OTK).

Pencopotan dan pengrusakan alat peraga kampanye (APK) milik partai berlogo banteng tersebut dilakukan menjelang kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Purworejo Jawa Tengah pada Selasa (2/1/2024) pagi.

Ketua DPC PDI-P Kabupaten Purworejo Dion Agasi Setiabudi membenarkan kejadian tersebut. Meski demikian, pihaknya enggan berspekulasi siapa aktor dibalik penggunaan dan pencopotan bendera partainya tersebut.

“Iya (dirusak), kami tidak mau menduga-duga. Pengerusakan kemungkinan dilakukan malam hari tadi, karena kemarin masih terpasang,” kata Dion saat ditemui usai kegiatan peresmian terminal Purworejo bersama Presiden Jokowi.

Dion mengatakan, sejumlah bendera dan atribut PDI Perjuangan yang terpasang di Jl.Ahmad Yani Baledono Purworejo tergeletak di pinggir jalan. Bahkan, sejumlah bendera dilepas dari tiang dan berserakan di jalan.

Dion menduga, aksi pencopotan oleh OTK itu diduga dilakukan pada Senin malam (1/1/2024). Bendera dan atribut tersebut ditemukan sudah tergeletak pada pagi hari tadi oleh relawan.

“Namanya juga di dalam proses kampanye, dalam proses pemilu ya kami menanggapi santai saja. Kalau ada yang dirusak nanti dipasang lagi,” kata Dion.

Meskipun dirusak oleh OTK, Dion menanggapi hal tersebut dengan santai. Bahkan ia tak akan melaporkan hal itu ke pihak yang berwenang.

Pasca kejadian pengrusakan itu, Dion langsung mengintruksikan timnya untuk kembali melakukan pemasangan bendera yang dicopot dan dirusak.

“Perintahnya kalau dicopot ya kita pasang lagi,” kata Dion.

Dion berharap, pada Pemilu 2024 ini bisa berjalan secara adil dan damai tanpa ada intimidasi dari pihak-pihak tertentu. Dia juga berharap TNI, Polri serta ASN terus menjaga netralitasnya sebagai aparat.

“Tentunya dalam prosesnya Pemilu dan kampanye ini bisa berjalan dengan tertib tanpa ada intimidasi dari pihak-pihak tertentu. Harapannya aparat bisa netral,” kata Dion.

“Untuk di Kabupaten Purworejo TNI, Polri maupun ASN netral dan komunikasi di lingkup Forkopimda cukup bagus. Harapannya tetap bisa kita jaga sampai dengan Pemilu nanti,” sebut Dion.

Diketahui, Presiden Joko Widodo datang ke Purworejo pada Selasa (2/1/2024) untuk meresmikan Terminal Purworejo tipe A yang telah selesai dibangun. (P24-bayu)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *