Dibantu 224 tenaga, KPU Purworejo Optimis Sortir dan Pelipatan Surat Suara Rampung Sesuai Target

KUTOARJO, purworejo24.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, melaksanakan proses sortir dan lipat surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Proses sortir dan lipat suara itu dilaksanakan di Gudang Penyimpanan Logistik KPU Kabupaten Purworejo yang berlokasi di Jalan Letjen S. Parman Kutoarjo, mulai tanggal 3 Januari 2024 dan ditargetkan selesai pada tanggal 12 Januari 2024 mendatang.

Kegiatan proses sortir dan lipat suara dilaksanakan secara ketat dengan pengawasan petugas kepolisian dan Bawaslu.

Mereka yang bertugas akan diperiksa terlebih dahulu sebelum masuk dan setelah keluar dari Gudang Penyimpanan Logistik KPU Purworejo. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan atau sabotase.

“Tahapannya, estimasinya sekitar 16 hari, kan ada beberapa logistik yang memang kami terima juga bertahap jadi di estimasikan 16 hari tapi dimulainya tanggal 3 sampai tanggal 12 Januari 2024,” kata Komisioner KPU Kabupaten Purworejo yang juga sebagai Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggara Pemilu, Margareta Ega Rindu Suryaningtyas, saat ditemui dilokasi Gudang Penyimpanan Logistik KPU Purworejo, pada Sabtu (6/1/2024).

Proses sortir dan lipat suara, lanjutnya, melibatkan total 224 orang yang terdiri atas tenaga yang berasal dari warga sekitar, 16 petugas kelompok dan Bawaslu. Dari 224 orang itu terbagi atas 56 kelompok. Mereka rata- rata bisa mengerjakan 5 atau 6 box perhari.

“Saat ini mereka masih mengerjakan sortir dan pelipatan untuk surat suara DPRD Propinsi, untuk per Jumat (5/1/2024) ini kami sudah menyelesaikam 871 box atau kalau di jumlah itu ada 434.499 surat suara dengan total yang rusak ada 786, jadi untuk keseluruhan total 871 box ada 435.285 surat suara DPRD Propinsi,” sebut Rindu.

Untuk pengerjaan, mereka menyortir dan melipat surat suara DPRD Propinsi terlebih daahulu, kemudian setelah selesai dilanjut dengan menyortir dan melipat surat suara DPR RI, kemudian berlanjut surat suara DPRD Kabupaten atau kota lalu DPD dan yang terakhir adalah DPWP.

“Rata- rata kerusakan disebabkan oleh tinta atau noda blok atau sobek atau memang dari warna yang pudar,” jelasnya.

KPU Purworejo optimis pelaksanaan sortir dan pelipatan surat suara bisa selesai sesuai dengan perkiraan yaitu ditanggal 12 Januari 2024. Kalaupun nanti ada logistik yang belum selesai terkirimkan, maka akan diupayakan selesai di 16 hari kerja sesuai estimasi.

“Kalau sampai saat ini terget aman terkendali karena kami membagi menjadi beberapa kelompok atau lokasi untuk antisipasi cuaca seperti hujan, seperti kemarin kan banyak hujan juga kita harus berhati- hati karena fokus surat suara ini rentan terkena basah atau sobek, kita juga ada kehati- hatian di meja kerja, seperti mereka tidak boleh membawa Hand Phone dan tidak diperkenankan membawa makanan atau minuman, jadi petugas ketika masuk ke area itu steril, ada cek dari kepolisian dan dari petugas kelompok dan dari Bawaslu juga ada ketika mereka keluar dari ruang kerja juga ada pengecekan jadi kita pastikan aman dari segi surat suara meskipun mereka petugas sortir lipat,” terangnya.

Disampaikan, saat ini selain masih dalam masa kampanye, untuk tahapan proses Pemilu 2024, tahap saat ini adalah tahap untuk mengumpulkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK). Deadline terakhir pengumpulan LADK hingga besok hari Minggu tanggal 7 Januari 2024, pukul 23.59 WIB.

“Nah itu juga mengingatkan kembali karena di PKPU nomor 25 tahun 2023, pasal 53 dan 54, untuk partai politik peserta pemilu yang tidak mengikuti tahapan, tidak mengumpulkan LADK sesuai tenggal waktu yang diharuskan akan masuk menjadi suara tidak syah,” tegasnya.

Rindu berharap pemilu bisa berjalan dengan damai tanpa ekses dan berharap Pemilu 2024 bisa melahirkan pemimpin yang amanah.

“Kemudian kami yang bertugas atau sebagai penyelenggara saat ini mengupayakan karena tagline nya KPU akan melayani dengan sepenuh hati kami melayani semoga semua peserta pemilu dapat mengikuti tahapan dan hasil nya menjadi pemimpin yang amanah di tahun 2024 dan di periode 5 tahun kedepan,” harapnya. (P24/wid)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *