Ratu Ganefi Bagikan Gerobak untuk Pelaku Usaha di Desa-desa

Mataram (Suara NTB)- Caleg DPR-RI Nomot Urut 2 Partai Perindo, Hj. Baiq. Diyah ratu Ganefi, SH membagi-bagikan gerobak jualan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Pulau Lombok.

Bantuan ini diberikan kepada kalangan pengusaha muda-mudi yang memang kreatif dan mampu mengelola usaha yang digeluti, sehingga diharapkan bisa berdampak menekan angka pengangguran dengan semakin menguatkan pelaku usaha di daerah ini.

Baiq Diyah Ratu Ganefi atau yang biasa dipanggi BDRG ini mengatakan, dirinya sebagai pemerhati UMKM melihat selama ini bantuan-bantuan gerobak hanya di perkotaan saja. Padahal di beberapa dusun di NTB juga banyak yang membutuhkan, terutama mereka anak-anak muda kreatif. Karena banyak UMKM-UMKM di NTB dari desa dan dusun, yang mempunyai produk layak untuk di jual dan produksi dan kemasannya sudah bagus.

“Sehingga bantuan bantuan gerobak kepada para UMKM, usaha pemula ini sangat perlu diberikan. Semoga saja pemerintah daerah, baik provinsi kabupaten/kota bisa memperhatikan, bahwa lapak gerobak ini tidak hanya diberikan kepada UMKM yang ada di kota saja, tapi dusun-dusun juga,” ungkapnya.

Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi NTB ini mengatakan, mungkin saat ini secara maksimalkan ia belum memberikan bantuan-bantuan kepada pelaku UMKM. Tetapi diharapkan, berikutnya ia dapat memberikan lebih besar lagi bantuan kepada UMKM, terutama generasi muda.

“Jadi begitu saya lihat dulu, UMKM nya berada dimana, anak mudanya memang kreatifitas atau tidak. Ini akan saya berikan bantuan kepada para generasi-generasi muda yang memang berkeinginan untuk menjadi wirausaha baru,” ucapnya.

Lebih lanjut, pada tahap pertama ini pihaknya akan memberikan 10 gerobak di beberapa dusun yang ada di NTB, kemudian baru lanjut beberapa gerobak lagi. Karena setelah turun kebawah melihat di wilayah dusun banyak anak-anak muda yang mungkin mempunyai tempat untuk mereka berusaha. Selain diberikan gerobak, akan dibantu perlengkapan lainnya yang dibutuhkan.

“Mereka kebanyakan itu jual kuliner dan lainnya, seperti kreatifitas anak muda. Saya lihat jual gorengan, menjual kopi. Memang belum sih menjual makanan-makanan seperti mie goreng dan nasi goreng. Tetapi saya melihat itu snack dan juga minuman untuk kelasnya di dusun,” jelasnya.

Srikandi perindo ini terus berlanjut memberikan bantuan kepada UMKM-UMKM pemula. Ini bentuk kontribusinya, terlebih pada 2023 mendapat penghargaan sebagai perempuan pembawa perubahan bagi generasi muda yang mau berusaha.

“Jadi itulah sebagai program kerja saya, bahwa saya juga ingin memberikan anak-anak muda untuk bisa berwirausaha, mendorong anak-anak muda untuk berwirausaha,” imbuhnya.(bul)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *