Satu- satunya Sekolah di Purworejo yang Miliki Jurusan Kuliner, SMK Negeri 3 Purworejo Jadi Sekolah Pusat Keunggulan

PURWOREJO, purworejo24.com– Sebanyak 1200 peserta yang terdiri atas siswa kelas 10, 11, 12, bapak/ibu guru dan karyawan serta orang tua/wali juga alumni di SMK Negeri 3 Purworejo, Jawa Tengah, mengikuti Karnaval jalan kaki dengan menyusuri jalan- jalan protokol di kota Purworejo, pada Kamis (11/1/2024).

Layaknya karnaval pada umumnya, mereka menampilkan aneka kostum karnival yang dibuat dan dipakai oleh siswa dari masing- masing perwakilan kelas, kostum- kostum karnival itu tampak indah mewarnai karnaval. Mereka juga memamerkan hasil karya tangan yang dibuat sesuai jurusan kompetensi yang ada di SMK Negeri 3 Purworejo, yaitu Tata Boga, Busana dan Kecantikan.

Tampak ribuan warga memadati tepian jalan yang dilewati guna melihat secara langsung karnaval itu.

Karnaval itu dilaksanakan sebagai puncak kegiatan dalam Peringatan Lustrum ke- 11 dan HUT ke-55 SMK Negeri 3 Purworejo.

“Hari ini SMK Negeri 3 Purworejo mengadakan kegiatan Lustrum yang ke- 11 atau ulang tahun yang ke- 55 dengan mengadakan karnaval yang diikuti oleh seluruh siswa dari 30 kelas atau 30 kelompok karnaval kemudian ditambah kelompok bapak ibu guru dan karyawan, kelompok dari orang tua/ wali murid serta alumni, mengelilingi kota Purworejo untuk memamerkan kegiatan – kegiatan proyek mereka selama kegiatan P5 selama 1 minggu kemarin,” kata kepala SMK Negeri 3 Purworejo, Agus Triyana, saat ditemui dikantornya.

Karnaval dengan mengambil tema Bangga Merayakan Budaya Nusantara itu dilaksanakan sesuai dengan kegiatan P5 di SMK Negeri 3 Purworejo yaitu ke- Bhinneka-an.

Setelah kegiatan karnaval dilakukan pemberian doorprice. Ada sebanyak 100 doorprice yang disediakan oleh panitia dan ada penilaian dari masing- masing kelompok, dengan beberapa kategori untuk memberikan apresiasi bagi peserta yang menampilkan penampilan terbaik dalam kegiatan karnaval

“Harapan kami dengan Lustrum ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk menampilkan karya- karyanya kemudian kedepan menjadikan semakin bangga siswa- siswa sekolah di SMK Negeri 3 ini, semakin maju, orang tua banyak yang tertarik untuk menitipkan masa depan sekolahnya di SMK Negeri 3 Purworejo,” harapnya.

Disampaikan, ditahun 2023, SMK Negeri 3 Purworejo sudah menjadi sekolah PK atau SMK Pusat Keunggulan dan ditahun 2024 ini pihak sekolah akan mengusulkan kembali sebagai SMK PK lanjutan. Adapun kompetensi yang menjadi SMK Pusat Keunggulan di SMK Negeri 3 Purworejo adalah jurusan kuliner atau tata boga.

“Disekolah kami ada tiga jurusan tetapi karena SMK Pusat Kunggulan harus memusatkan pada 1 satu kompetensi keahlian, maka kompetensi keahlian yang kami ajukan menjadi SMK PK adalah jurusan kuliner atau tata boga. Dan ini menjadi hadiah Lustrum atau ulang tahun kepada sekolah ini yaitu sebagai sekolah Pusat Keunggulan. Dan kita berharap ini menjadi kebanggaan bagi kam, bagi para siswa yang sekolah di SMK Negeri 3 Purworejo ini,” jelasnya.

Dengan menjadi sekolah PK, siswa – siswi yang bersekolah di SMK Negeri 3 Purworejo bisa ddidik menjadi kompeten, semakin berdaya saing, semakin berprestasi kemudian lulusanya bisa langsung bekerja atau berwirausaha dan semakin memberikan harapan kedepan yang lebih baik untuk para siswa.

“SMK Negeri 3 Purworejo adalah jurusan yang unik dan langka karena satu- satunya sekolah yang lebih dikenal oleh masyarakat sebagai SMKK, sekolah yang mengutakan jurusan tata boga, busana, dan kecantikan. Dan ini menjadi satu- satunya di Purworejo, tidak semua kabupaten/kota memiliki jurusan yang ada di kami,” pungkasnya. (P24/wid)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *