Kepala BNPB Imbau Pemda Bentuk Program Rumah Tahan Gempa

Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Suharyanto. (Foto Antara)

JAKARTA.NIAGA.ASIA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto mengimbau pemerintah daerah (pemda) untuk membentuk program membangun rumah yang tahan gempa.

“Kita terus pacu kepada masyarakat dan pemerintah daerah bahwa harus punya program memperkuat rumah-rumah yang sekarang dibangun,” ujar Kepala BNPB Suharyanto, Jumat (12/1/24).

Pembangunan rumah di Indonesia khususnya di Jawa, harus mulai tahan gempa karena belajar dari pengalaman sebelumnya seperti di Sumedang, Jawa Barat dengan gempa magnitudo 4,1 kemudian gempa magnitudo 4,8 ternyata, mampu meluluhlantakkan rumah-rumah warga.

“Itu kita pikir ah tidak ada masalah, gitu ya. Ternyata begitu kita sampai di sana banyak yang rusak,” jelas Kepala BNPB Suharyanto.

Menurut dia, mayoritas rumah masyarakat di Jawa, baik Jawa Tengah, Jawa Timur, maupun Jawa Barat, strukturnya tidak tahan gempa padahal daerah-daerah itu berpotensi mengalami gempa cukup besar.

Ia menjelaskan struktur bangunan yang tidak tahan gempa menyebabkan potensi menelan korban jiwa yang semakin besar mengingat sebenarnya korban jiwa pada gempa terjadi karena tertimpa runtuhan bangunan.

“Korban jiwa akibat gempa itu tidak ada. Korban jiwa akibat rubuh rumah itu yang menimbulkan luka dan meninggal,” ujar Kepala BNPB Suharyanto.

Ia juga meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan bangunan tujuh lantai ke bawah, tahan gempa karena bangunan yang lebih dari tujuh lantai sudah tahan gempa.

“Kita juga sudah bicara dengan Pak Gubernur tolong diperkuat untuk bangunan tujuh lantai ke bawah, itu pasti tidak tahan gempa. Kalau di DKI mungkin strukturnya dikasih besi atau apa,” tutup Kepala BNPB Suharyanto.

Sumber: Tribratanews.Polri | Editor: Intoniswan

Tag: Rumah Tahan Gempa 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *