Respon Ganjar, PDIP, Nasdem soal Kapolri Dukung Estafet Kepemimpinan, Humas Polri Meluruskan

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA– Pernyataan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo terkait estafer kepemimpinan nasional menuai beragam komentar dan respon.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto meminta Jenderal Listyo Sigit Prabowo tidak membuat pernyataan yang bisa dipersepsikan mendukung pasangan Capres/Cawapres tertentu.

Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo dan Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali juga langsung merespon pernyataan Kapolri

Sementara itu, Markas Besar (Mabes) Polri meluruskan pernyataan pimpinan tertinggi di institusi kepolisian tersebut supaya tidak salah tafsir.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan bahwa yang dimaksud kepemimpinan keberlanjutan ialah dari periode presiden sebelumnya ke presiden selanjutnya.

“Perlu kami jelaskan yang dimaksudkan adalah keberlanjutan dari sejak Presiden pertama IR Soekarno sampai dengan saat ini Presiden ke-7 yaitu IR Joko Widodo,” kata Trunoyudo kepada wartawan, Jumat (12/1/2024).

Menurutnya, keberlanjutan kepemimpinan sebagaimana yang dimaksud Kapolri tak lain untuk melaksanakan pembangunan Indonesia.

“Untuk mewujudkan pembangunan di Indonesia ya, tentunya yang selalu berkelanjutan dari satu pemimpin kepada pempimpin lainnya,” ujarnya.

Baca juga: Anies Baswedan Anggap Prabowo Gagal Move on dari Debat Capres Jadi Sering Beri Sindiran

Estafet kepemimpinan pada dasarnya dilakukan oleh siapa pun sosok pemimpinan berikutnya.

Trunoyudo juga menehaskan, Kapolri sebelumnya telah mengintruksikan agar semua jajaran kepolisian agar netral dalam menghadapi Pemilu 2024.

“Kapolri telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran Polri untuk berkomitmen bahwasanya Polri netral sebagaimana amanah pada UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia pada Pasal 28 Ayat 1 dan 2,” jelasnya.

Ia menambahkan, Polri berkomitmen akan mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024. Harapannya Pemilu tahun ini berlangsung aman dan damai.

Komentar Sekjen PDI Perjuangan dan Wakil Ketua Umum Nasdem

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDI-P) Hasto Kristiyanto meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tidak membuat pernyataan yang bisa dipersepsikan mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden tertentu dalam Pilpres 2024.

Halaman selanjutnya

Sumber: Kompas.com

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *