Vexanium Dukung Penerapan Teknologi Blockchain di Ibu Kota Nusantara, Berikut Ini Deretan Manfaatnya

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), meluncurkan cetak biru (blue print) kota cerdas Ibu Kota Nusantara (IKN).

IKN berada di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Cetak biru ini merupakan gambaran menyeluruh perkembangan ibu kota baru Indonesia, dengan cita-cita mewujudkan kota layak huni serta berstandar kualitas hidup yang sangat baik.

Baca juga: Upaya Vexanium Lindungi Karya Seni Mulai Penjualan Lagu dan Lukisan hingga Transparansi untuk Musisi

Hal ini disambut positif Vexanium sebagai Blockchain Indonesia.

“Kami sangat menyambut baik hadirnya IKN,” kata Danny Baskara, CEO dan founder Vexanium, dalam siaran persnya, Selasa (16/1/2024).

Dalam cetak biru IKN, blockchain digambarkan sebagai teknologi yang memungkinkan untuk penyimpanan data dan terdistribusi dengan aman.

Baca juga: Modal Rakyat Siapkan Kredit UMKM Hiburan Musik Seperti Restoran dan Kafe Melalui Jaringan Vexanium

Data tersebut bersifat transparan sesuai mekanisme blockchain hingga dapat dimanfaatkan untuk mengelola berbagai aspek perkotaan.

Misalnya saja sistem administrasi publik hingga pengelolaan sumber daya kota. Dalam administrasi publik, blockchain dapat menyederhanakan proses pelayanan publik.

Baca juga: Teknologi Blockchain pada Sektor Keuangan Asia Tenggara Diyakini Mampu Berikan Revolusi Perbankan

Seperti pendaftaran properti atau penerbitan izin usaha, efisien dan bertujuan mencegah terjadinya korupsi.

Sedangkan untuk pengelolaan sumber daya kota, teknologi ini dapat membantu pelacakan dan pengelolaan sumber daya energi atau air, dan juga memastikan distribusi yang lebih efektif dan mengurangi limbah. Blockchain juga diimplementasikan mendukung integrasi data real-time dari berbagai sumber yang sangat penting untuk pengambilan keputusan yang cepat dan akurat dalam konteks IKN.

Baca juga: Hadapi Era Digitalisasi, Teknologi Blockchain jadi Penting untuk Kirim Pesan Akurat ke Publik

“Adanya penerapan blockchain di IKN ini menjadi hal yang sangat baik bagi dunia teknologi khusus WEB 3.0,” kata Herindradi Suwartono, Business Advisor Vexanium.

“Semoga juga dapat mendukung program ‘Hilirisasi Digital’, khususnya bagi kami sebagai Blockchain Indonesia,” lanjutnya.

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *