Pelantikan ABP PTSI NTB Periode 2023-2027 Dirangkai dengan Simposium

Para Pengurus ABP PTSI Wilayah NTB Periode 2023-2027 berfoto bersama saat pelantikan bertempat di Hotel Lombok Astoria Mataram, pada Rabu, 17 Januari 2024 yang dirangkai dengan kegiatan simposium. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pengurus Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABP PTSI) Wilayah NTB Periode 2023-2027 secara resmi dilantik oleh Ketua Umum ABP PTSI Pusat, Prof. Dr. Thomas Suyatno bertempat di Hotel Lombok Astoria Mataram, pada Rabu, 17 Januari 2024 yang dirangkai dengan kegiatan simposium.

Ketua ABP PTSI NTB, H.L. Rusmiady SH.,MM., menyampaikan bahwa selama dua hari ada tiga kegiatan yang dilaksanakan oleh ABP PTSI yaitu Rapat pengurus ABP PTSI Pusat pada hari Selasa, 16 Januari 2023 di Ruang Rapat Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) dihadiri oleh Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Sekretaris Jenderal ABP PTSI Pusat.

Kemudian Pelantikan Pengurus ABP PTSI Wilayah NTB dirangkai dengan kegiatan Simposium di Hotel Lombok Astoria Mataram pada Rabu 17 Januari 2024. Lebih lanjut Tokoh Lombok yang menetap di Jakarta ini mengungkapkan babwa acara pelantikan dan simposium dihadiri oleh Direktur Dewan Eksekutif BAN PT Prof. Ari Purbayanto; Ketua Umum ABP PTSI Pusat, Prof. Dr. Thomas Suyatno; dan Kepala LLDIKTI Wilayah VIII (Bali – NTB), Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T.,M.T.

Ketiga tokoh pendidikan tersebut sekaligus sebagai narasumber simposium dengan tema Peningkatan kualitas Perguruan Tinggi Swasta pasca-ditetapkannya Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Selain itu hadir juga Pj. Gubernur NTB diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, Dr.H. Aidy Furqan, M.Pd.; anggota DPR RI Dr. Ir. H. Nanang Samoedra, semua Ketua Badan Penyelenggara (yayasan) PTS di NTB, Rektor dan Pengelola Penjaminan Mutu Pendidikan PTS di NTB.

Ketua Panitia, Dr. Halus Mandala, M.Hum., mengungkapkan pihaknya berharap ada konsolidasi pimpinan Perguruan Tinggi dan Yayasan menyangkut menyangkut implementasi Permendikbudristek No. 53 tahun 2023. “Untuk kita sama-sama menyiasatai agar perguruan tinggi kita terus lebih baik, menuju perguruan tinggi unggul,” ujarnya.

Halus juga menyampaikan Rekomendasi Simposium untuk disampaikan ke Kemendikbudristek, yaitu pertama, dalam hal penerimaan mahasiswa baru, PTN ditetapkan berdasarkan kuota, bukan waktu penerimaan mahasiswa barunya diperpanjang, karena akan mengganggu kalender akademik.

Kedua, dalam hal penerimaan dosen di PTN, baik untuk ASN maupun PPPK, harus menggunakan sistem tidak bagi yang telah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), tidak yang telah memiliki jabatan fungsional, dan tidak bagi yang telah memiliki sertifikasi dosen. “Jika calon dosen ingin memilih PTN, maka yang bersangkutan harus menanggalkan tiga hal itu,” ujar Halus.

Selain itu, rekomendasi lainnya, yaitu diharapkan ke depan akreditasi hanya diberlakukan untuk Akreditasi Institusi.

Pengurus ABP PTSI Wilayah NTB Periode 2023-2027 yaitu Ketua: H.L. Rusmiady SH.,MM.; Wakil Ketua I: Dr. Ir. H. Nanang Samudra, K.A., M.Sc.; Wakil Ketua I: Dr. Halus Mandala, M.Hum.; Sekretaris: Faturrahman, S.E., M.Ak.; Wakil Sekretaris I: Dr. Ni Ketut Alit Suarti, M.Pd.; Wakil Sekretaris II: Dr. M. Padlurrahman, M.A.; Bendahara: Hj. Endang Widiastuti, S.IP.; Wakil Bendahara: Imam Maliki, S.Sos.,M.M.

ABP PTSI Wilayah NTB Periode 2023-2027 juga memiliki empat bidang dengan satu orang coordinator dan anggota-anggota. Keempat bidang tersebut yaitu, Bidang Kerja Sama dan Kelembagaan, Bidang Akreditasi, Bidang Pemberdayaan dan Usaha, dan Bidang Advokasi. (ron/*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *