Kegiatan Proker KKN UMPWR 2024 Dorong Pengembangan UMKM Digital di Desa Seren

PURWOREJO, purworejo24.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR) melaksanakan kegiatan proker dengan tema “Pelatihan dan Promosi Digital UMKM” di Desa Seren, Kecamatan Gebang, Purworejo.

Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 18 hingga 19 Juli 2024 dan merupakan hasil kolaborasi antara mahasiswa KKN dan Paguyuban Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Dalam acara ini, mahasiswa memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM di desa tersebut untuk memanfaatkan platform digital guna meningkatkan promosi dan penjualan produk lokal mereka.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberdayakan masyarakat desa dalam menghadapi era digital dan memperluas jangkauan pasar bagi produk-produk unggulan mereka.

Selain pelatihan, kegiatan ini juga diakhiri dengan sentuhan kemanusiaan. Para mahasiswa KKN UMPWR mengundang Dokter untuk memberikan pengobatan akupuntur gratis kepada warga Desa Seren.

“Pengobatan akupuntur ini menjadi bonus akhir dari kegiatan yang bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan ekonomi lokal tetapi juga kesejahteraan masyarakat,” kata Abidin salah satu peserta KKN.

Kepala Desa Seren, Bapak Lukmanto, menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan ini. Ia berharap, apa yang dilakukan para mahasiswa ini dapat membantu masyarakat.

“Kami berterima kasih kepada mahasiswa KKN UMPWR kelompok 28 yang telah memberikan wawasan baru dan memberdayakan UMKM kami. Semoga kerjasama seperti ini dapat berlanjut untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Seren,” ujarnya.

Kegiatan proker KKN ini tidak hanya menciptakan dampak positif di bidang ekonomi lokal tetapi juga mengukuhkan keterlibatan perguruan tinggi dalam memajukan potensi desa-desa di sekitarnya. Semangat kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi kegiatan serupa di masa mendatang. (P24-bayu)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *