Miliki Andil Besar Pengaruh Merokok pada Kaum Muda, TMCC UNIMMA bersama Satpol PP dan Dinkes Turunkan Reklame Iklan Rokok di Purworejo

PURWOREJO, purworejo24.com – Dihari kedua pada Minggu (21/1/2024), dalam acara Capacity Building Pemuda Untuk Implementasi Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang Komprehensif, TMCC UNIMMA bersama Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kesehatan serta instansi terkait lain di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah melakukan penutupan reklame iklan rokok.

Kegiatan itu dilakukan sebagai bagian dari upaya mewujudkan Kawasan Tanpa Rokok di Purworejo. Iklan dinilai memiliki andil besar terhadap penambagan pada perokok pemula.

Ketua MTCC UNIMMA, Retno Rusjijati, mengatakan, Purworejo merupakan satu dari 18 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Menurutnya upaya pendampingan akan terus dilakukan hingga Pemkab Purworejo menetapkan kawasan-kawasan dalam Kawasan Tanpa Rokok. Bersama pemuda baik Muhammadiyah, NU serta komunitas yang lain edukasi dan sosialisasi KTR di Purworejo akan terus dilakukan.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Purworejo, Bambang Susilo bersama Kepala Dinas Kesehatan, dr Sudarmi, menyanpaikan setelah menetapkan Perda KTR Pemkab akan segera mendorong pengesahan Perbup sebagai aturan teknis untuk pengimplementasian Perda tersebut.

“Untuk mewujudkan lingkungan yang sehat Pemkab Purworejo sangat mendukung kegiatan ini. Perda kita sudah punya, yang sekarang didorong adalah Perbup-nya,” kata Bambang.

Sebagai komitmen bahwa Purworejo siap mewujudkan ruang dan lingkungan yang sehat serta terbebas dari paparan asap rokok. Saat ini draft Perbup terkait KTR pun telah siap.

“Draft sudah ada, mudah-mudahan dalam beberapa bulan ke depan sudah disahkan,” ujarnya. (P24/wid)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *