Mahasiswa KKN PMD Unram Desa Senggigi Sosialisasikan Mitigasi Bencana

Mahasiswa KKN PMD Desa Senggigi Kecamatan Batulayar berfoto bersama dengan sebagian peserta saat sosialisasi mitigasi bencana di Aula Kantor Desa Senggigi, Kamis, 18 Januari 2024 lalu. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) yang sedang melakukan pengabdian di Desa Senggigi Kecamatan Batulayar melakukan sosialisasi mitigasi bencana dengan tema “Sosialisasi dan Implementasi Mitigasi Bencana Guna Meningkatkan Kesiapsiagaan Masyarakat Desa Senggigi”. Kegiatan itu dilakukan di Aula Kantor Desa Senggigi, Kamis, 18 Januari 2024 lalu.

Mahasiswa KKN bekerja sama dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Barat sebagai pemateri tentang cara menghadapi dan mengurangi risiko bencana alam, khususnya bencana banjir dan tanah longsor.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 25 orang peserta yang terdiri dari Karang Taruna Desa Senggigi, kelompok sadar wisata, Bhabinkamtibmas, Kadus se-desa Senggigi, dan perangkat Desa Senggigi. Tujuan dari kegitan ini adalah guna mempersiapkan terbentuknya kelompok relawan tanggap bencana Desa Senggigi.

Sekretaris Desa Senggigi, Junaidi didampingi oleh Kabid Kebencanaan, Tohri, SIP., mengapresiasikan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN PMD UNRAM Desa Senggigi. Ia mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi ini sangat penting guna membentuk kelompok tanggap bencana terutama untuk mengurangi dampak bencana di daerah wisata.

“Saya berharap kegitan ini dapat menambah kesadaran kita bahwa pentingnya kesadaran akan mitigasi bencana, ini bukan hanya soal profit tetapi ini adalah soal kemanusian, di mana kita semua harus terlibat dalam aksi sosial ketika terjadi bencana terutama desa kita merupakan daerah pariwisata yang tentunya akan mempengaruhi jumlah wisatawan,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, BPBD Lobar memberikan materi tentang jenis-jenis bencana alam, dampak dan penyebabnya, cara mengidentifikasi serta langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah bencana alam terutama banjir dan tanah longsor.

Kegiatan sosialisasi mitigasi bencana ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN PMD Unram Desa senggigi. Selain kegiatan itu mereka juga melakukan kegitan lain sebagai bentuk impelemtasi mitigasi bencana yaitu pemetaan, pemasangan pelang jalur evakuasi dan penanaman pohon di sekitar bantaran kali.

Ketua KKN Senggigi, Muhib menyampaikan, melalui kegiatan ini diharapkan Desa Senggigi mampu membentuk kelompok tanggap bencana dan menjadi desa siap siaga dalam menghadapi bencana alam. Acara ini menjadi wadah penting untuk bersama-sama memahami dan meningkatkan kesadaran terhadap langkah-langkah mitigasi bencana.

“Mitigasi bencana adalah langkah krusial dalam membangun ketahanan komunitas kita. Dengan pengetahuan yang diperoleh dari acara ini, kita dapat bersama-sama menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tangguh. Kami berharap setelah acara ini nantinya akan terbentuk kelompok relawan tangguh bencana Desa Senggigi,” harap Muhib. (ron)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *