Beasiswa LPDP, Pj Gubernur: Sebuah Kesempatan Emas bagi Generasi Muda NTB

Pj.Gubernur NTB, H. lalu Gita Ariadi,member semangat kepada peserta sosialisasi beasiswa LPDP di Gedung Graha Bakti Praja, Sabtu, 27 Januari 2024 .(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Penjabat (Pj) Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, menyambut baik adanya sosialisasi beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang diselenggarakan Mata Garuda NTB, Pemprov NTB, dan Straya Language Institute. Pj Gubernur menyebut beasiswa ini sebagai kesempatan emas bagi generasi muda NTB.

‘’Sosialisasi beasiswa LPDP hari ini merupakan momentum penting yang dapat membuka pintu kesempatan bagi para Pemuda NTB untuk mengejar impian pendidikan tinggi. Ini adalah kesempatan emas yang harus dimanfaatkan dengan baik,’’ ujarnya di Gedung Graha Bakti Praja, Sabtu, 27 Januari 2024.

Gita menambahkan, lebih baik berkeringat darah di awal untuk memperebutkan peluang diterima beasiswa LPDP. Mengingat terbentang harapan masa depan yang indah yang akan dihadapi pada masa depan. Selain itu, hadirnya beasiswa LPDP, orang tua dapat terbantu meringankan biaya pendidikan anak. Oleh karena itu, masa depan yang terbelenggu kondisi finansial bukan alasan, untuk tidak mengecap dunia pendidikan.

“Lebih baik berkeringat berdarah saat ini, untuk merebutkan peluang beasiswa itu. Begitu kalian dapat akses LPDP, terbentang harapan kesuksesan di masa yang akan datang melalui sekolah,’’ katanya memberi semangat.

Gita menambahkan bahwa setidaknya para pencari beasiswa baik itu beasiswa lokal, nasional, maupun internasional harus fasih berbahasa Inggris. “Hal dasar yang harus dikuasai oleh pencari beasiswa adalah berbahasa. Bahasa Inggris sangat penting, oleh karena itu, kami meminta guru pendamping Bahasa Inggris untuk anak-anak kelas 12, 11, 10,” ujarnya.

Selain itu, Gita juga mengharapkan agar setiap pelajar harus mencoba beasiswa karena saat ini sudah banyak beasiswa yang bisa memfasilitasi belajar mahasiswa.

“Beberapa tahun lalu, beasiswa itu sedikit dan sulit didapat. Saya lulus SMA tahun 1984, 40 tahun yang lalu saya dapat beasiswa diberi Rp25.000. Dulu Rp25.000 merupakan uang yang banyak,” jelasnya.

Selain itu, Gita menyarankan agar keberadaan 800 alumni awardee beasiswa LPDP dimanfaatkan sebagai pembimbing dan tutor agar bisa lulus beasiswa LPDP. Tentu dengan tetap menanamkan dalam diri, untuk mampu meraih beasiswa LPDP. ‘’Manfaatkan keberadaan 800 alumni awardee LPDP di NTB ini sebagai kakak pembimbing dan tutor kalian. Tanamkan tekad di dalam diri, kalian mampu meraih beasiswa LPDP,” tandasnya.

Sosialisasi Beasiswa LPDP, melibatkan para pelajar dan mahasiswa se-NTB. Para peserta diberikan informasi mendalam mengenai persyaratan, prosedur pendaftaran, dan manfaat beasiswa yang disediakan LPDP.

Pj Gubernur NTB mengapresiasi LPDP, Mata Garuda NTB, dan Straya Languange Institute atas peran pentingnya dalam mendukung pembangunan aspek pendidikan di Indonesia, khususnya di NTB. Gita mengajak agar bersama-sama memanfaatkan kesempatan ini dan berkontribusi positif bagi pembangunan daerah tercinta NTB.

Sosialisasi itu diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat NTB, dalam mengakses beasiswa LPDP. Sehingga lebih banyak lagi generasi muda yang dapat menempuh pendidikan tinggi dan menjadi agen perubahan positif di masa depan untuk NTB. (era/r)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *