3 Desa Di Purworejo Terendam Banjir, Ratusan Keluarga Terancam Mengungsi

PURWOREJO, purworejo24.com Hujan yang melanda Kabupaten Purworejo Jawa Tengah mengakibatkan sungai-sungai meluap ke pemukiman warga.

Bahkan tiga desa di Kabupaten Purworejo yakni Desa Wironatan Kecamatan Butuh, Desa Wonoyoso dan Desa Tasik Madu Kecamatan Pituruh terendam banjir. Ratusan keluarga pun terancam mengungsi karena debit air yang tinggi.

Kepala BPBD Kabupaten Purworejo Hariyono mengatakan, kondisi banjir relatif dan variatif, debit air juga terus bertambah, dibDesa Wironatan ketinggian air antara 70 cm- 100 cm. Jumlah KK yang terdampak kurang lebih sekitar 160 -170 KK.

Selain hujan cukup deras, setelah kami melakukan kajian ada beberapa sebab air menjadi tergenang. Salah satunya karena ada sumbatan saluran air dan ada beberapa pintu air yang belum dikondisikan atau belum diangkat,” kata Hariyono saat ditemui di lokasi banjir pada Selasa (30/1/2024).

Meski demikian, Hariyono menambahkan warga tiga desa ini sudah terbiasa dengan kondisi banjir. Kepala desa bersama warga juga sudah melakukan siaga antisipasi kemungkinan bertambah tingginya air.

Kita sudah koordinasi dengan pak kades persiapan pendataan untuk evakuasi dan pengungsian. Kita imbau masyarakat untuk evakuasi sedini mungkin,” kata Hariyono.

Sementara itu ketinggian air yang memendam rumah warga di Desa Tasikmadu dan Desa Wonoyoso berkisar antara 20 cm – 50 cm.

Hariyono menambahkan, banjir genangan di wilayah tiga desa ini akibat hujan dengan kurun waktu ± 4 jam mengakibatkan air sawah dan subgai meluap.

Hujan dengan itensitas sedang berlangsung dari tgl 29 – 30 Januari 2024 mengakibatkan banjir genangan yang disebabkan dari luapan air sawah serta irigasi,” kata Hariyono. (P24-bayu)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *