Dorong UMKM Lokal, Para Mahasiswa UM Purworejo Beri Pelatihan Pembuatan Sambal Seafood di Desa Jatimalang

PURWOREJO, purworejo24.com– Potensi hasil kelautan di Desa Jatimalang Kecamtan Purwodadi, Kabupaten Purworejo cukup melimpah. Mulai dari kerang, udang, cumi dan hasil laut lainnya.

Meski demikian potensi tersebut belum sepenuhnya maksimal dimanfaatkan oleh warga sekitar pantai Jatimalang. Warga hanya menjual mentah hasil laut tersebut.

Untuk itu, mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR) yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Jatimalang ini mencoba untuk meningkatkan nilai jual hasil laut tersebut. Salah satu caranya adalah membuat produk olahan hasil laut.

Rani Puspita Sari (22) salah satu mahasiswi mengatakan, upaya untuk mendorong UMKM lokal Desa Jatimalang tersebut dilakukan dengan 2 tahap.

Yang pertama yakni dilakukan sosialisasi kepada warga Desa Jatimalang khususnya ibu-ibu rumah tangga tentang digital marketing, pelabelan dan pengemasan produk. Setelah itu menentukan produk yang akan diangkat untuk menjadi produk unggulan Desa Jatimalang.

Dipasar online itu sedang viral-viralnya Sambal kemasan, jadi kita inisiatif buat sambal Seafood sebagai produk unggulan Desa Jatimalang,” kata Rani sata ditemui di lokasi pada Selasa (30/1/2024).

Pelatihan dan sosialisasi ini kata Rani, dilakukan sebagai jawaban dari persoalan Desa Jatimalang. Banyaknya pasangan yang nikah muda menjadikan banyak wanita-wanita di desa ini tidak memiliki pekerjaan.

Untuk itulah, kegiatan ini diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja baru bagi warga desa. Sehingga ekonomi warga setempat juga dapat meningkat.

Kami diminta pemerintah desa untuk membuat solusi soal banyaknya perempuan yang nikah muda dan mereka belum bekerja. Semoga ini bisa berjalan dan meningkatkan ekonomi mereka,” kata Rani.

Santi salah satu warga Desa Jatimalang ini mengaku senang dengan kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa-mahasiswi yang sedang KKN di desanya. Ia menyebut, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga desa.

Alhamdulillah kita diajari tentang digital marketing, membuat kemasan, label dan sebagainya. Semua antusias mengikuti kegiatan karena ini sangat bermanfaat,” kata Santi. (P24-bayu)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *