Terindikasi Premanisme, 25 Jukir Diamankan Polisi

Operasi premanisme yang dilakukan tim gabungan TNI/ Polri dan Satpol PP di sejumlah tempat di Kota Mataram . (SuaraNTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Polresta Mataram, mengamankan 25 orang juru parkir (jukir) yang diduga berpotensi melakukan aksi premanisme untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, Sabtu, 3 Februari 2024. “Mereka kira amankan dari berbagai lokasi keramaian, komplek pertokoan, terminal, objek wisata, pasar tradisional, khususnya di jalan Saleh Sungkar Ampenan, Jalan Udayana dan Taman Sangkareang,” kata Kasat Reskrim Polresta Mataram Kompol I Made Yogi Purusa Utama, kemarin.

Kegiatan bersih aksi premanisme itu dilakukan untuk menekan terjadinya hal yang tidak diinginkan. Apalagi uang hasil pungutan mereka (jukir) tidak sepenuhnya masuk ke kas daerah melainkan digunakan secara pribadi dengan modus menjadi tukang parkir. “Pungutan yang dilakukan oleh siapa pun tanpa dasar aturan pemerintah tidak diperbolehkan, makanya kita turun untuk menertibkan para jukir tersebut,” ujarnya.

Terhadap mereka yang terjaring tadi malam lanjut Yogi, pihaknya akan melakukan pendataan dan pembinaan. Selain itu, pihaknya meminta mereka membuat surat pernyataan dan memberikan sanksi tegas jika ada dari mereka yang masuk jaringan tindak pidana.

“Aksi premanisme yang mereka lakukan dengan modus menarik pungutan uang keamanan dan kebersihan serta parkir liar,” tambahnya. Selain mengamankan para pelaku, pihaknya juga menemukan barang uang tunai dan buku catatan. Diduga uang tunai itu merupakan hasil pungutan liar karena tidak menyertakan tiket atau karcis masuk sehingga berpotensi merugikan daerah dari PAD retribusi parkir tepi jalan.

“Mereka yang kita amankan ini akan kami koordinasikan dengan pihak-pihak terkait untuk mengambil langkah-langkah lebih lanjut,” pungkasnya. (ils)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *