Tiga Proyek Pustu di Lobar Belum Dioperasikan

Proyek Pustu Labuan Tereng kecamatan Lembar ini salah dari beberapa proyek Pustu yang dibangun tahun 2023 yang belum dioperasikan. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Terdapat empat proyek Puskesmas Pembantu (Pustu) yang dibangun Pemkab Lombok Barat melalui Dinas Kesehatan (Dikes) pada tahun 2023 lalu.  Masing-masing Pustu Sesaot, Pustu Dasan Tereng Kecamatan Narmada, Pustu Karang Bayan Kecamatan Lingsar dan Labuan Tereng kecamatan Lembar.

Dari empat proyek Pustu tersebut, sebagian besar belum dioperasikan. Lantaran perlu diservis atau perbaikan di beberapa bagian. Pihak dinas menargetkan, pekan-pekan ini Pustu tersebut bisa dioperasikan untuk melayani warga. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Dikes Lobar Sukriyadi mengatakan, pihaknya meminta tiga Pustu untuk diservis. “Tiga Pustu yakni Dasan Tereng, Sesaot dan Labuan Tereng sedang kami minta diservis,” jelasnya akhir pekan kemarin. Pasalnya, ada bagian bangunan yang masih perlu diservis seperti daun pintu dan jendela sehingga pas dipakai nantinya bisa lancar.

Diakui ketika serah terima proyek Pustu tersebut sudah bagus. Namun ketika dicek ulang dan diperiksa oleh tim, tenyata masih ada beberapa bagian perlu diperbaiki. Ketika mau kunci jendela dan pintunya, tidak lancar atau sret. “Kami minta itu diperbaiki, diservis,” tegasnya. Pihaknya meminta agar bangunan tersebut bisa lebih sempurna dan lancar saat dioperasikan untuk pelayanan masyarakat.

Begitu pula dari sisi spek proyek, tidak ada masalah. Bahkan di Pustu Dasan Tereng, speknya lebih. Diakui, kekurangannya hanya perlu servis di beberapa bagian. Perbaikan Pustu ini manjadi tanggungan rekanan, karena masih masa pemeliharaan. Ditanya kapan Pustu-Pustu tersebut bisa ditempati? Pihaknya menargetkan agar Minggu-minggu ini bisa ditempati untuk pelayanan masyarakat mulai bulan Februari ini. “Kami Minta agar mulai dipakai pelayanan bulan Februari ini,”ujarnya. (her)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *