Usai Jubir Menhan, TKN Sibuk Bantah Prabowo Korupsi Pembelian Jet Seperti Pemberitaan Media Asing

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Media asing, Meta Nex dalam artikel bertajuk “Indonesia Prabowo Subianto EU Corruption Investigation” pada Jumat, 9 Februari 2024, menyebutkan Prabowo Subianto melakukan korupsi atas pembelian pesawat jet tempur Mirage 2000-5 bekas dari Qatar.

Setelah Juru Bicara (Jubir) Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak membantah keras tudingan itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, juga sibuk menepis pemberitaan itu.

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani memastikan bahwa pemberitaan media asing yang menyebutkan Prabowo korupsi pengadaan pembelian pesawat bekas untuk keperluan pencalonan sebagai presiden adalah berita bohong atau hoaks.

Rosan mengatakan, bahwa hal tersebut sudah dicek langsung olehnya sendiri kepada para pihak terkait.

“Saya cek langsung baik yang di Washington DC maupun di kedutaan besar Amerika-Indonesia tidak pernah ada permintaan itu sama sekali. Dari ini juga menambah bukti bukti bahwa perintah itu adalah berita yang palsu, berita hoaks,” kata  Rosan di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Sabtu (10/2/2024)

“Saya kirim linknya ke mereka dan menanyakan, apakah benar dari pihak Greco (lembaga anti korupsi Uni Eropa The Group of States against Corruption) yang mengatas namakan sebagai monitoring corruption meminta asistensi kepada pemerintah Amerika,” sambung Rosan.

Baca juga: Prabowo Diberitakan Media Asing Korupsi Pembelian Jet Mirage dari Qatar, Ini Respon Jubir Menhan

Permintaan Rosan untuk mengklarifikasi berita tersebut dijawab dengan tegas, bahwa Greco tidak pernah meminta asistensi apapun soal pembelian pesawat Mirage.

“Kemudian mereka melakukan pengecekan dan kembali ke saya beberapa jam kemudian dengan mengatakan tidak pernah ada permintaan dari pihak yang namanya Greco mengenai hal asistensi ataupun meminta kerja sama pemerintah Amerika Serikat dalam rangka hal yang dituduhkan yang namanya pembelian Mirage,” kata dia.

Sebelumnya Juru Bicara (Jubir) Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak menegaskan, kabar itu adalah berita bohong alias hoaks. 

Dahnil menjelaskan, tidak ada pembelian pesawat jet tempur tersebut di Kementerian Pertahanan seperti yang diberitakan media asing Meta Nex, dalam artikelnya bertajuk “Indonesia Prabowo Subianto EU Corruption Investigation” pada Jumat (9/2/2024) lalu.

“Pertama saya ingin masuk ke substansi pertama ini adalah hoaks dan fitnah. Tidak ada pembelian Pesawat Mirage walaupun itu pernah direncanakan, tapi sudah dibatalkan,” kata Dahnil di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Sabtu (10/2/2024).

Artinya, kata dia, tidak ada kontrak yang efektif di Kemhan terkait dengan pembelian Mirage.

“Jadi secara konten semua yang disampaikan itu jelas fitnah,” kata Dahnil.

Karenanya Dahnil menduga pemberitaan tersebut diciptakan oleh pihak tertentu menjelang hari pencoblosan, mengingat Prabowo adalah capres nomor urut 2.

Halaman selanjutnya

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *