Pemilih Pemula Membanjiri Dukcapil Purworejo, Antre Cetak KTP

PURWOREJO, purworejo24.com– Dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mengalami lonjakan permintaan cetak Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang signifikan.

Terhitung sejak 7 hari terakhir, jumlah pemilih pemula yang melakukan perekaman data identitas dan cetak KTP di Dukcapil Purworejo mengalami peningkatan drastis.

Plt Sekretaris Dinas Dukcapil Kabupaten Purworejo Surahmi mengatakan, permintaan cetak KTP dari pemilih pemula telah melonjak mencapai 200 persen dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Antusiasme masyarakat memang sangat luar biasa. Kemarin saja kami melayani cetak KTP sampai 510 dan pengambilan juga hampir 500,” kata Surahmi saat ditemui dikantornya pada Selasa (13/2/2024).

Dengan lonjakan yang fantastis tersebut, Dinas Dukcapil sampai menambah jam layanan pada hari libur. Jam layanan pada hari libur tersebut dilakukan sejak tanggal 8 Februari hingga 14 Februari besok.

Kami dari tanggal 8,9,10,11 (waktu libur) menambah jam layanan, kita buka dari jam 09.00 WIB sampai jam 13.00 WIB, tapi sampai di atas jam 10.00 WIB juga masih berdatangan,” kata Surahmi didampingi Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Agus Subiyanto.

Selain menambah hari kerja pada masa libur, Dinas Dukcapil juga menambah jam operasional. Penambahan jam operasional ini dilakukan karena antusias warga yang datang ke Dinas Dukcapil sangat banyak.

Kami juga menambah jam operasional hingga pukul 20.00 WIB selama dua hari ini,” ujar Surahmi.

Hal ini juga diakui oleh beberapa pemuda yang baru berusia 17 tahun, seperti yang disampaikan oleh Andi, seorang pelajar SMA di Purworejo.

Ya buat KTP baru buat nanti nyoblos pertama kali. Saya kesini sama dua teman saya,” kata Andi (P24/bayu)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *