Lapas Cipinang Tersedia 12 TPS, Ada 13 Ribuan Narapidana Lakukan Pemungutan Suara

WARTAKOTALIVE.COM, JATINEGARA – 13.630 narapidana di Lapas Kelas I Cipinang, kelurahan Cipinang Muara, kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur melakukan pencoblosan Pemilihan Umum (Pemilu) pada Rabu (14/2/2024).

Sejak  pukul 08.30 WIB, para warga binaan pemasyarakatan (WBP) berbondong-bondong mendatangi 12 tempat pemungutan suara (TPS) kategori khusus di lapangan Lapas Kelas I Cipinang yang berlokasi di lapangan.

Kakanwil DKI Jakarta Ibnu Chuldun mengatakan, daftar pemilih tetap (DPT) ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur tercatat sebanyak 2.585 narapidana Lapas Kelas I Cipinang yang menjadi pemilih pada Pemilu 2024.

“Lapas Kelas 1 Cipinang ini ada 12 TPS dengan jumlah warga binaan yang terdata sebagai pemilih ada 2.585 orang. Sampai kepada di LPKA pun demikian, jumlah totalnya itu ada 1 TPS dan warga binaan atau anak yg terdaftar sebagai pemilih ada 63 orang,” kata Ibnu, Rabu (14/2/2024).

Baca juga: KPU Tangerang Selatan Siapkan 3 TPS Khusus untuk Pemilu 2024

Ibnu menuturkan, walaupun tengah menjalani masa hukuman atas kasus tindak pidana yang dilakukan, narapidana tetap memiliki hak pilih pada Pemilu 2024 sebagaimana warga negara Indonesia (WNI) lainnya. 

Suasana narapidana di Lapas Kelas I Cipinang, kelurahan Cipinang Muara, kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur tengah melakukan pencoblosan Pemilihan Umum (Pemilu) pada Rabu (14/2/2024). (Wartakotalive/Rendy Rutama Putra)

Tidak ada yang berbeda dalam tahapan pencoblosan di TPS khusus Lapas Kelas I Cipinang, semua berjalan sesuai ketentuan ditetapkan KPU RI selaku penyelenggara Pemilu 2024

“Jadi sesuai dengan edaran dari KPUD DKI Jakarta, untuk KPPS itu menugaskan petugas Lapas Rutan setempat. Satu TPS jumlahnya tujuh orang dan ada pamsung nya sebanyak dua orang, semuanya itu adalah petugas lapas. Tapi pada pelaksanaan tadi ada dari Bawaslu nya, juga ada dari saksi nya,” pungkasnya.

Diketahui, KPU Jakarta Timur mencatat wilayahnya memiliki 41 TPS yang berstatus khusus.

Ketua KPU Jakarta Timur, Tedi Kurnia mengatakan 33 dari 41 TPS berada di kawasan Lapas, dan Rutan.

Baca juga: Ribuan Warga Binaan di Lapas dan Rutan Cipinang Siap Mencoblos Besok

“Jakarta Timur kami ada 41 TPS. 33 ada di lapas, rutan dan termasuk di Cipinang, dilanjut pada kawasan di Pondok bambu ada tiga TPS, lalu di Basura ada tiga TPS, dan di Sedayu itu ada dua TPS,” kata Tedy.

Tedy menegaskan untuk pengiriman logistik secara keseluruhan TPS di Jakarta Timur ditargetkan rampung pada Selasa (13/2/2024) sekira pukul 23.59 WIB.

Mengingat sebelumnya sudah dilakukan pendistribusian logistik di lima kecamatan wilayah Jakarta Timur.

“Alhamdulillah sudah lancar karena pengamanan sudah sangat luar biasa baik dari Dandim dan Kapolres termasuk dari perangkat walikota sangat membantu kami sehingga kami ketika pendistribusian itu tidak kendala apapun,” jelasnya.

Sementara Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly mengatakan pihaknya akan menerapkan pengamanan tersendiri bagi TPS khusus.

Halaman selanjutnya

Halaman

12

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *