“Guest Lecture” Hadirkan Pakar Intervensional Oncology dari Taiwan, RSUD NTB Berkomitmen Berikan Pelayanan Terbaik Tangani Kanker dengan Cryosurgery

Direktur RSUD Provinsi NTB dr. H. Lalu Herman Mahaputra, M. Kes, MH di acara Guest Lecture, Sabtu, 17 Februari 2024 . (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB)-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB dan Department Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (Unram) berhasil menggelar acara Guest Lecture, Sabtu, 17 Februari 2024.

Kegiatan ini mendatangkan Prof. Kai-Wen, MD, MS, Ph.D, seorang ahli di bidang Intervensional Oncology dari Departemen Bedah, National Taiwan University Hospital, Taipei.

Profesor Kai-Wen dalam kuliahnya memberikan wawasan mendalam mengenai teknik Cryoablation yang inovatif, dengan fokus pada pengobatan kanker di organ-organ vital seperti ginjal, paru-paru, sistem muskuloskeletal (MSK), dan hati.

H. Lalu Herman Mahaputra, M. Kes, MH (Suara NTB/ist)

Direktur RSUD Provinsi NTB dr. H. Lalu Herman Mahaputra, M. Kes, MH yang turut hadir memberikan sambutan menegaskan pentingnya kegiatan semacam ini dalam meningkatkan mutu layanan kesehatan di wilayah NTB. Ia berharap NTB dapat menjalin kerjasama dengan Departemen Bedah, National Taiwan University Hospital.

Cryosurgery merupakan inovasi baru pada bidang kesehatan dan dapat memberikan manfaat besar dalam tatalaksana kanker. Prosedur ini non-invasif, tidak memerlukan pembedahan besar, dan minimal merusak jaringan sehat. Keunggulannya yaitu memiliki waktu pemulihan yang singkat.

Cryosurgery adalah alternatif inovatif yang bisa diterapkan pada pasien yang tidak cocok untuk pembedahan konvensional. Keunggulan ini membantu mengurangi risiko komplikasi, mempercepat pemulihan, dan memberikan harapan baru dalam pengobatan kanker.

RSUD Provinsi NTB sendiri telah menggunakan cryosurgery untuk tatalaksana kanker. Dengan memiliki alat cryosurgery, RSUD Provinsi NTB berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dalam penanganan kanker.

dr. Jack, sapaanya mengatakan, ini adalah langkah positif dalam meningkatkan akses dan kesadaran akan opsi pengobatan modern di daerah ini. RSUD NTB siap menjadi mitra dalam perjuangan melawan kanker dan meningkatkan kesehatan masyarakat NTB.

Alat ini tak semua rumah sakit sudah memilikinya. Alhamdulillah kita rumah sakit di wilayah timur sudah punya. Harapan kita angka kesehatan Nusa Tenggara Barat meningkat, karena kita tahu begitu banyaknya kasus-kasus kanker. Dulu tak sebanyak ini, sekarang tindakannya sampai sore, bahkan sampai malam kata dr. Jack.

Ia berharap dengan alat cryosurgery ini bisa menjawab masalah-masalah penyakit kanker. Untuk mahasiswa kedokteran, mereka diharapkan bisa melihat dan memperhatikan cara kerja alat kesehatan modern ini untuk bekal nantinya dalam menangani pasien.

Ia berharap kegiatan kuliah umum atau guest lecture ini semakin sering dilakukan untuk menambah informasi baru dalam dunia kedokteran yang semakin berkembang pesat. Hal ini juga untuk meningkatkan kualitas RSUD Provinsi NTB sebagai rumah sakit rujukan kelas A dan rumah sakit pendidikan.(ris)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *