Harga Tiket MotoGP 2024 Segera Diluncurkan

Sirkuit Mandalika kembali menjadi tuan rumah pelaksanaan MotoGP pada bulan September mendatang. Sebelum event ini digelar, dalam waktu dekat ini akan dilakukan peluncuran harga tiket menonton MotoGP 2024. Tampak pembalap saat memacu kendaraannya pada event MotoGP tahun 2023 lalu. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Meski pelaksanaan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit digelar September 2024 mendatang, penjualan tiket akan dimulai dari awal tahun 2024. Bahkan, awal pekan ini, jajaran manajemen Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sudah bertemu dengan Penjabat (Pj) Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.SI., di ruang kerjanya.

Jadi terkait dengan tiket MotoGP yang rencananya digelar September mendatang segera di-launching. Pihak MGPA yang dipimpin Bapak Syamsul Purba mewakili Pak Andi (Priandhi Satria) dan saya mendampingi sudah audiensi dengan Bapak Pj Gubernur, ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB Jamaluddin, S.Sos., M.T., pada wartawan di Kantor Gubernur NTB, Rabu, 21 Februari 2024.

Menurutnya, rencana peluncuran harga tiket MotoGP ini akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan. Bahkan, kemungkinan besar peluncuran harga tiket ini akan dilakukan pada hari Minggu atau bertepatan dengan Car Free Day (CFD) di Jalan Udayana atau di Lapangan Sangkareang.

Pada momen ini, tambahnya, tidak hanya meluncurkan harga tiket MotoGP, namun calendar of event yang akan digelar tiap bulan atau minggu di Sirkuit Mandalika. Disinggung mengenai harga tiket MotoGP, Jamaluddin mengaku belum tahu. Namun, pihaknya mengharapkan harga tiket menonton MotoGP bagi masyarakat lokal NTB lebih murah, sehingga event yang ada di sirkuit bisa dinikmati dan ditonton oleh masyarakat.

Supaya ini tersampaikan ke masyarakat. Itu jadwal Mandalika Racing Series dalam setahun bisa sampai 6 kali. Belum lagi Asian Road Racing Championship. Meski WSBK belum jelas, tapi ternyata event di situ banyak sekali yang melibatkan masyarakat, terangnya.

Jamaluddin menegaskan, jika sekarang ini manajemen pengelola Sirkuit Mandalika pada tahun 2024 ini lebih banyak membuka bagi masyarakat atau wisatawan yang ingin melihat kondisi dalam sirkuit.

Dalam hal ini, sebagai sirkuit kebanggaan Indonesia, ketika tidak ada event-event besar, manajemen membuka sirkuit untuk dicoba atau dikunjungi oleh masyarakat.

Na sekarang ini ke Mandalika tidak seperti dulu. Mulai Januari 2024 sudah bisa dibuka sirkuit Mandalika itu untuk umum. Jadi siapapun boleh masuk ke sirkuit Mandalika dengan membayar Rp50 ribu. Dengan Rp50 ribu kalau masyarakat datang bersama rombongan sekitar 25 orang, bisa keliling sirkuit menggunakan bus terbuka yang dipergunakan waktu parade pembalap. Saat keliling bisa ambil gambar, selfie atau lainnya, tambahnya.

Tidak hanya itu, ungkapnya, bagi pengunjung yang ingin menikmati sensasi balapan di Sirkuit Mandalika, pihak manajemen sudah menyediakan mobil untuk disewa per jam. Nantinya, pengunjung dengan sepuasnya bisa memacu kendaraan yang disediakan oleh manajemen. Sebelumnya, pihak MGPA memberlakukan sewa Rp2 juta per jam kendaraan yang digunakan. Namun, karena ada diskon sebesar 50 persen, sehingga pengunjung cukup membayar sebesar Rp1 juta.

Untuk masuk areal sirkuit, wisatawan dikenakan biaya parkir Rp5 ribu untuk sepeda motor, mobil Rp10 ribu dan bus Rp20 ribu. Sirkuit Mandalika dibuka untuk umum setiap hari, bukan saja hari Sabtu dan Minggu, ujarnya.

Jamaluddin menambahkan Sirkuit Mandalika kini dijadikan destinasi wisata. Sirkuit yang megah dan indah itu sayang jika tidak dimanfaatkan dan hanya menunggu ketika ada event balap masyarakat boleh masuk. Setelah dibuka, berdasarkan informasi MGPA banyak kunjungan wisatawan. Selama ini, wisatawan dari luar daerah banyak yang menghubungi Dinas Pariwisata NTB. Mereka ingin masuk ke dalam Sirkuit Mandalika tetapi tidak tahu bagaimana akses masuknya.(ham)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *