Cuaca Panas, Warga Balikpapan Diimbau Waspada Kebakaran

Warga diminta waspada potensi kebakaran, mengingat cuaca panas akhir-akhir ini terjadi di Kota Balikpapan rata-rata 32 derajat celcius.. (Niaga.asia/heri)

BALIKPAPAN.NIAGA.ASIA – Warga Kota Balikpapan Diimbau untuk mewaspadai potensi musibah kebakaran. Imbauan tersebut di tengah cuaca cukup panas  yang terjadi dalam beberapa hari terakhir suhu udara rata-rata 32 derajat celscius dan  hujan tidak ada turun.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan, Usman Ali, meminta kepada masyarakat agar mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama terjadinya kebakaran.

“Jangan membakar sampah, kemudian tetap memperhatikan situasi di dalam rumah apabila berpergian keluar, seperti listrik dan kompor dipastikan sudah dimatikan,” kata Usman Ali, Kamis (22/2).

Diimbau juga kepada masyarakat yang hendak berkebun, agar tidak melakukan pembakaran. “Kalaupun melakukan kegiatan membakar, diharapkan selalu diperhatikan apinya,” ungkapnya.

BPBD sendiri telah menginstruksikan para personel di Bidang Pencegahan untuk melakukan sosialisasi langsung ke masyarakat. Termasuk juga meminta bantuan dari pihak kecamatan dan kelurahan.

“Dalam upaya meningkatkan kewaspadaan, kami menyiagakan personel satu kali 24 jam, dengan jumlah 250 orang dan dibagi dalam tiga shift. Ditambah teman-teman dari pencegahan sebanyak 15 orang,” pungkasnya.

Penulis: Heri| Editor: Intoniswan

Tag: Cuaca Ekstrem 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *