Hari Ini, Enam TPS di Mataram Gelar PSU

Sejumlah warga menyalurkan hak pilihnya di TPS 19 di Lingkungan Karang Tapen, Kelurahan Cilinaya pada, Rabu, 14 Februari 2024. Enam TPS di Kota Mataram menggelar PSU untuk pemilihan calon presiden dan wakil presiden pada Sabtu, 24 Februari 2024 hari ini. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Sejumlah empat tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Mataram akan menggelar pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan calon presiden dan wakil presiden pada pemilu 2024. Hal ini sesuai dengan rekomendasi dari Bawaslu yang menemukan adanya dugaan pelanggaran saat pemungutan suara pada Rabu, 14 Februari 2024

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram, Edy Putrawan dikonfirmasi pada Jumat, 23 Februari 2024 membenarkan, terdapat enam tempat pemungutan suara akan menggelar pemungutan suara ulang. Di antaranya, satu TPS masing-masing Kelurahan Karang Baru dan Kelurahan Pagutan Barat dan masing-masing dua TPS di Kelurahan Mandalika dan Kelurahan Turida. “Saya sedang persiapan untuk PSU di enam TPS besok pagi (hari ini,red),” katanya.

PSU digelar berdasarkan hasil penelitian dan pengawasan dari Badan Pengawas Pemilu bahwa ada warga yang ikut mencoblos pada Rabu, 14 Februari 2024 di TPS tersebut, padahal tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Mataram dan tidak mengurus pindah memilih, tetapi anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara memberikan untuk menyalurkan hak pilihnya.

Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing kelurahan telah mengirimkan surat pemberitahuan memilih kepada masyarakat untuk datang kembali ke TPS menyalurkan hak pilihnya. “Sejak dua hari lalu, kita sudah kirimkan C pemberitahuan memilihnya ke masyarakat,” ujarnya.

Mekanisme pemungutan suara sama seperti sebelumnya. Artinya, masyarakat datang ke TPS pukul 07.00 – 13.00 WITA. Edy tidak berani memastikan partisipasi warga yang datang kembali menyalurkan hak pilihnya pada pemungutan suara ulang hari ini. Pengalaman pada pemilu sebelumnya, tingkat partisipasi pemilih akan turun dibandingkan pada pemungutan suara secara serentak.

Dikonfirmasi terpisah, Camat Selaparang, Mulya Hidayat mengatakan, satu TPS di Kelurahan Karang Baru akan melaksanakan pemungutan suara ulang pada Sabtu (24/2). Masyarakat yang terdaftar di TPS 8 telah diinformasikan untuk kembali datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya untuk pemilihan calon presiden dan wakil presiden. “Iya, ada satu TPS yang akan PSU besok (hari ini),” jawab Mulya. (cem)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *