Jadi Chairman MXGP Indonesia 2024, Bang Zul Optimis Event Ini Punya Dampak Besar Terhadap Pembangunan

Gubernur NTB periode 2018-2023 Dr. H Zulkieflimansyah M.Si bersama Baim Wong di acara Media Gathering Discover Lombok-Sumbawa dan MXGP yang berlangsung di Kemang Jakarta Selatan, Rabu 28 Februari 2023. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB)-Gubernur NTB periode 2018-2023 Dr. H Zulkieflimansyah M.Si ditunjuk sebagai Chairman MXGP Indonesia 2024. Hal ini tak terlepas dari kesuksesan Provinsi NTB menjadi tuan rumah penyelenggaraan MXGP Lombok dan Sumbawa .

Zulkieflimansyah atau Bang Zul hadir di acara Media Gathering Discover Lombok-Sumbawa dan MXGP yang berlangsung di Kemang Jakarta Selatan, Rabu 28 Februari 2023.

Menurut Bang Zul, gelaran MXGP tidak hanya sebatas adu cepat kendaraan di dalam lintasan. Namun lebih dari itu, balapan motor enduro kelas dunia ini telah memberikan dampak yang signifikan bagi pembangunan dan perputaran ekonomi.

“Jadi jangan dipandang sebagai balap saja, tapi sebagai hal yang attracting terhadap dampak ekonomi dan pembangunan daerah Kita,” kata Bang Zul.

Event MXGP berdampak terhadap pembangunan, karena saat digelar global event seperti ini, maka pemerintah harus membangun fasilitas yang memadai. Sehingga pembangunan yanh dilakukan menimbulkan dampak ekonomi yang baik untuk Lombok dan Sumbawa.

“Spirit ini yang ingin kita sampaikan,” ujarnya.

Bang Zul menambahkan, MXGP tahun 2024 ini merupakan MXGP seri Indonesia yang ketiga yang dilaksanakan di Lombok dan Sumbawa. Diharapkan semua pihak bisa memberikan dukungan terhadap event ini agar dapat berjalan dengan lancar.

Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Dewi Noviany yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan Gathering ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada awak media tentang persiapan perhelatan ajang MXGP 2024 di Sumbawa dan Lombok.

“Kita semua berharap agar even ini kembali sukses seperti tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu, doa restu dan dukungan seluruh masyarakat Tana Samawa sangat kami butuhkan demi kelancaran pelaksanaan even motocross paling bergengsi di dunia ini,” ujar Novi.

Untuk diketahui, dua seri kejuaraan motorcross dunia yaitu MXGP 2024 akan digelar di Sumbawa pada 30 Juni 2024 dan di Lombok pada 7 Juli 2024 mendatang. MXGP 2024 akan dibuka di Argentina pada 10 Maret 2024 mendatang.

“Untuk Indonesia kebagian dua seri, yakni seri 11 di Sirkuit Samota Sumbawa, NTB pada 30 Juni 2024 dan untuk seri 12 akan diselenggarakan di Sirkuit Selaparang, Lombok, NTB pada 7 Juli 2024 mendatang,” ungkap Bang Zul.

Ia mengatakan, event MXGP 2024 ini akan menjadi kampanye besar bagi peningkatan dunia pariwisata Indonesia, khususnya pariwisata NTB yang selama ini dikenal telah sukses menggelar event MotoGP di Sirkuit Mandalika.

“Tentunya kegiatan ini akan menjadi branding yang bagus bagi dunia pariwisata NTB. Masyarakat yang hadir tidak akan hanya menikmati kejuaraan motorcross saja, tetapi masyarakat bisa menjelajahi keindahan dan potensi wisata yang kita miliki,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Ikatan Motor Indonesia Pusat, Erwin Indrianto menyampaikan bahwa event ini menjadi kesempatan buat krosser dan riders asal Indonesia untuk bisa berbicara di level internasional.

“Saya berharap dengan makin banyaknya event-event motor sport kelas dunia hadir di Indonesia akan memotivasi para riders dan kroser Indonesia untuk terus termotivasi menjadi pembalap dunia,” terangnya.(ris)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *