Meriah, Malam Resepsi HPN Pewarta Purworejo Bertabur Hadiah dan Doorprice

PURWOREJO, purworejo24.com – Sebagai puncak rangkaian acara Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2024, Pewarta Purworejo, Jawa Tengah, menggelar Malam Resepsi pada Rabu (28/2/2024).

Acara yang diselenggarakan di Ganeca Convention Hall Purworejo itu dihadiri oleh Bupati Purworejo, Yuli Hastuti beserta perwakilan jajaran forkopimda, pimpinan OPD, serta Mitra dan relasi Pewarta Purworejo.

Acara Malam Resepsi tampak begitu meriah, dengan diisi tarian dari penari Prigel Purworejo, pertunjukan video kegiatan HPN Pewarta Purworejo, penyerahan hadiah berbagai lomba, sambutan, pemotongan tumpeng oleh bupati yang diserahkan kepada ketua Pewarta, dengan didampingi oleh forkopimda, kepala OPD dan Mitra dan diakhiri dengan pembagian puluhan doorprice.

Terdapat sejumlah perlombaan yang diadakan oleh Pewarta Purworejo, diantaranya kejuaraan tenis meja, lomba jurnalistik tingkat SLTA piala Ketua Pewarta Purworejo, lomba fotografi piala Kepala Dinkominfostasandi Purworejo, dan lomba video Vlog piala Bupati Purworejo.

Bupati Purworejo, Yuli Hastuti dalam sambutannya, selain mengucapkan selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers khususnya yang bertugas di Kabupaten Purworejo, juga berharap agar momentum tersebut semakin mendewasakan pers Indonesia untuk berkontribusi dalam pembangunan.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan pers yang secara konsisten menemani masyarakat dalam kehidupan berdemokrasi, termasuk mengawal Pemilu Serentak 2024 yang baru saja kita jalani,” ucap Bupati.

Ditambahkan bahwa pemerintah menyadari berbagai tantangan yang dihadapi oleh insan pers di era digital. Oleh sebab itu, pemerintah terus berupaya untuk mendukung ekosistem pers yang adaptif dengan tetap menghormati kebebasan pers.

Bupati pun mengungkapkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir ini, dunia pers menghadapi tantangan yang sangat besar dengan hadirnya media sosial. Semua orang dari semua kalangan, hampir setiap hari berselancar dan mengakses media sosial. Tak sedikit pula informasi yang membuat kegaduhan, penuh dengan caci maki dan fitnah, yang memecah-belah masyarakat dan bahkan mengancam persatuan bangsa.

Dalam kondisi demikian, pers harus mampu meluruskan hal yang bengkok, serta menjernihkan kekeruhan yang terjadi. Kita harus yakin bahwa kondisi seperti ini justru akan semakin mendewasakan dan mematangkan kita, serta menjadikan kita tahan uji dari berbagai tantangan,” ujarnya.

Bupati berharap agar pers mampu terus berkontribusi terhadap pembangunan daerah dan agenda-agenda besar bangsa dan mampu beradaptasi dengan perubahan. Selain itu juga tetap menghasilkan karya-karya jurnalistik berkualitas, cepat, akurat, dan tidak terjebak pada sikap pragmatis yang menggerus integritas kita.

Ketua Pewarta Purworejo Daniel Raja Here menyampaikan, HPN sebetulnya diperingati setiap tanggal 9 Februari.

Namun, tahun ini sengaja kita sesuaikan pelaksanaannya dengan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 dan Hari Jadi ke-193 Kabupaten Purworejo sehingga sejumlah acara kita gelar pasca tahapan pemungutan suara,” jelasnya.

Meski serangkaian event HPN yang dipuncaki dengan malam resepsi dimotori oleh paguyuban Pewarta Purworejo, Daniel menegaskan bahwa seluruhnya merupakan milik semua wartawan yang bertugas di Kabupaten Purworejo.

Kami awak media yang tergabung dalam Pewarta Purworejo bersama-sama dengan organisasi kewartawanan lain untuk menggelar berbagai aktivitas. Tujuannya untuk menguatkan kebersamaan sesuai dengan tema HPN kali jni,” tegasnya.

Tidak hanya kegiatan yang bersifat kewartawanan, lanjut Daniel, panitia HPN juga menggelar sejumlah event yang bertujuan untuk menyemarakkan Hari Jadi ke-163 Kabupaten Purworejo. Beberapa kegiatan juga digelar secara khusus untuk turut berkontribusi menyukseskan Pemilu sebagai tema besar HPN tahun 2024 ini, yakni Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa.

Selain mengadakan sejumlah perlombaan, Pewarta Purworejo juga mengadakan bakti sosial penyaluran beras dan sembako, anjangsana kepada keluarga wartawan Purworejo yang telah meninggal dunia dan puncak rangkaian HPN berupa Malam Resepsi HPN Pewarta Purworejo Tahun 2024.

Adapun hasil kejuaran diantaranya :

1. Lomba karya foto Pewarta Purworejo piala Kominfo Purworejo :
– Juara 1 : Rizqy Agung Setyoaji, dengan judul Foto Pantulan Cahaya Terminal Purworejo di Malam Hari
– Juara 2 : Furika Tri Jayanti dengan judul Foto Embung Semawung
– Juara 3 : Ricky Putra Pradana dengan judul Foto Tugu Wayang di Alun- alun Pirworejo

2. Lomba karya jurnalistik HPN 2024 piala ketua Pewarta Purworejo :
– Juara 1 : Januar Aziz Maulana (SMA Negeri 1 Purworejo) dengan judul Karya Pemilu: Peran Milenial untuk Memilih
– Juara 2 : Nafi Hafiz Nur Hidayat (SMK Negeri 2 Purworejo) dengan judul Karya Peran Generasi Muda dalam Kesuksesan Pemilihan Umum (Pemilu)
– Juara 3 : Ceria Pramesti A. (SMA Negeri 11 Purworejo) dengan judul Karya Gema Pemuda Bersosial Media Kawal Pemilu 2024 Ramah Anak.

3. Lomba Vlog Piala Bupati Purworejo :
– Juara 1 Judul Vlog: Purworejo Masa Kini karya Rizqy Agung Setyoaji
– Juara 2 Judul Vlog: Purworejo Masa Kini Makin Berinovasi karya Muhammad Fawwaz Al Rasyid
– Juara 3 Judul Vlog: Eksplor Purworejo Masa Kini karya Restu Hendry Pratama & Namira Mayaza Putry

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *