Bagian dari Inovasi dr.Jack, Inilah Grand Desain Pengembangan RSUD Provinsi NTB Berkonsep Green Hospital

Inilah Grand Desain Pengembangan RSUD Provinsi NTB Berkonsep “Green Hospital”

Mataram (Suara NTB)-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB terus berbenah dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Dari sisi pengembangan fisik, RSUD kebanggaan masyarakat NTB ini telah memiliki grand desain pengembangan ke depan.

Direktur RSUD Provinsi NTB dr.H.Lalu Herman Mahaputra, M.Kes, MH mengatakan, sebagai rumah sakit kelas A dan unggulan di Indonesia wilayah timur, pihaknya akan terus berbenah. Tentu dengan harapan agar RSUD Provinsi NTB semakin memberi manfaat bagi masyarakat.

“Tentunya kita harus melakukan inovasi, salah satunya terkait dengan bentuk bangunan. Kalau kita lihat bentuk bangunan sekarang terkotak-kotak ya. Nantinya akan menjadi satu kesatuan dan tentunya akan bisa memberikan area hijau dengan mengusung konsep green hospital,” kata dr. Jack, sapaan akrabnya kepada Suara NTB, Selasa, 5 Maret 2024.

Ia mengatakan, dengan konsep green hospital ini akan tersedia kawasan atau zona taman-taman yang nyaman untuk pengunjung rumah sakit. Konsep ini dicetuskan semata-mata untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Meskipun tingkat kunjungan pasien tinggi, namun tetap tersedia ruang hijau yang cukup di rumah sakit. Sebab orang sehat bukan hanya karena obat, tetap kembali ke alam atau back to nature, ujarnya.

Di dalam grand desain yang ada sekarang ini, bangunan yang lama akan menjadi kawasan ruang terbuka hijau. Sementara di bagian depan akan dimaksimalkan sebagai tempat pelayanan pasien.Dokter Jack mengatakan, untuk mewujudkan grand desain dengan konsep rumah sakit hijau ini memang tergantung dari ketersediaan anggaran. Namun demikian, realisasi dari rencana besar akan diwujudkan setahap demi setahap. “Bisa dilakukan mulai tahun ini, tergantung dari ketersediaan anggaran,” katanya.

Jika sudah terwujud RSUD Provinsi NTB dengan grand desain yang baru ini, pihaknya menargetkan pendapatan rumah sakit sekitar Rp500 – Rp600 miliar per bulan.

Ia menerangkan bahwa konsep grand desain RSUD Provinsi NTB yang baru ini sudah dilaporkan ke Pj.Gubernur NTB Drs H.Lalu Gita Ariadi, M.Si. Inovasi ini tak lepas dari arahan Pj Gubernur yang selalu mendorong agar terus melahirkan inovasi untuk masyarakat. Tentu realisasi dari rencana ini menunggu arahan dari Pj Gubernur.(ris)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *