Saksi Capres 03 Tolak Tanda Tangani Hasil Rekapitulasi Tingkat Kecamatan Hingga Kabupaten di Purworejo

PURWOREJO, purworejo24.com– Saksi calon presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar-Mahfud menolak tanda tangani hasil rekapitulasi yang digelar oleh KPU Kabupaten Purworejo.

Para saksi capres 03 menolak tanda tangani hasil rekapitulasi perhitungan suara dari tingkat kecamatan hingga kabupaten. Hal itu diungkapkan Ketua DPC PDI-P Kabupaten Purworejo Dion Agasi Setiabudi kepada purworejo24.com Selasa (5/3/2024).

Iya betul mas (dari tingkat kecamatan hingga kabupaten), untuk rekapitukasi Pilpres,” kata Dion yang juga ketua DPRD Kabupaten Purworejo ini.

Dion beralasan, jika para saksi ini menandatangani, maka nantinya dikhawatirkan tim pemenangan Ganjar-Mahfud dianggap setuju dengan hasil pemilu 2024.

Kalu tanda tangan kan dianggap menerima (hasil Pemilu),” kata Dion

Sementara itu, kata Dion Agasi Setiabudi ada anomali perbedaan perolehan suara antara partai dan Caleg PDIP dengan suara Ganjar-Mahfud pada Pemilu ini. Untuk itu, pihaknya masih mengumpulkan bukti-bukti yang diperlukan guna menentukan langkah selanjutnya.

Sampai saat ini kan kita masih akan memproses temuan-temuan kecurangan dalam Pilpres,” kata Dion.

Dion menambahkan, tim pemenangan Ganjar-Mahfud sata ini telah mengumpulkan formulir C-1, formulir D kecamatan serta formulir D kabupaten. Dokumen yang terkumpul selanjutnya akan diserahkan kepada tim kuasa hukum TPN Ganjar-Mahfud di Jakarta.

Seluruh daerah sedang mengumpulkan bukti, termasuk kami di Purworejo,” kata Dion.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Purworejo Jarot Sarwosambodo menghargai sikap saksi dari pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Menurut Jarot, sikap itu adalah hak dari mereka dan itu sudah diatur dalam keputusan KPU nokor 219 tahun 2024.

Saksi yang hadir tapi tidak bersedia menandatangani formulir model D KABKO, maka formulir ditandatangani oleh anggota KPU dan saksi yang hadir yang bersedia bertandatangan saja,” kata Jarot. (P24/bqyu)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *