Pakai Baju Dinas Bintang 4 di Pundak, AHY Tegaskan Belum Pikirkan Pilgub DKI Jakarta

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA–Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan, partainya masih menunggu hasil akhir rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024.

Itu sebabnya partai berlambang bintang mercy tersebut berpikir tentang Pilkada DKI Jakarta.

“Belum berpikir tentang sosok yang akan diajukan dalam Pilgub, itu nanti. Setelah proses Pemilu selesai pada 20 Maret, nanti baru membahas Pilgub,” kata AHY di Hoten Shangri-La, usai menghadiri Rakernas Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Seperti diketahui belum lama ini Putera Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional oleh Presiden Joko Widodo.

Yang menarik AHY sudah menggunakan tanda pangkat bintang 4 di pundaknya pada seragam warna krem. Seragam itu memang diatur dalam Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN RI No 8 tahun 2019.

Baca juga: AHY Blak-blakan, Mengaku Butuh Prabowo Subianto untuk Bantu Berantas Mafia Tanah

Pilkada serentak

Pilkada serentak 2024 akan digelar pada 27 November 2024 di 545 daerah, terdiri dari 37 provinsi, 415 kabupaten, dan 93 kota.

Salah satunya adalah Provinsi DKI Jakarta. Namun, rangkaian penyelenggaraan Pilkada serentak 2024 akan dimulai sejak Mei 2024.

Sementara pendaftaran calon akan jatuh pada 27-29 Agustus 2024.

Perolehan kursi DPRD berdasarkan hasil Pemilu 2024 akan menjadi patokan dalam menghitung syarat pencalonan gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada 2024.

Sebagai catatan, pada 2021 lalu, Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat pernah mengumumkan bahwa ada sembilan kader yang dipersiapkan maju di Pilkada DKI 2024.

Baca juga: VIDEO Momen AHY Pamer Lari Pagi di IKN, Pakai Baju Loreng ala TNI

Mereka adalah anggota Komisi III DPR Santoso, anggota Komisi III DPR Hinca Pandjaitan, anggota Komisi III DPR Didik Mukrianto, mantan Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, mantan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak. Kemudian, mantan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, mantan Bupati Morowali sekaligus anggota Komisi II DPR Anwar Hafid, mantan Wakil Gubernur Jawa Barat sekaligus Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf Macan Effendi, serta mantan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

Nama kandidat mengapungSejumlah partai sudah mulai mengapungkan nama yang akan bertarung di Pilkada DKI. Partai Golkar misalnya, sudah menyebut dua nama yakni mantan Gubernur Jawa Barat dan Ketua DPD Golkar DKI Ahmed Zaki.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar DKI Jakarta Basri Baco menjelaskan, kedua kader tersebut mendapatkan mandat dari DPP untuk menjadi kandidat dalam Pilkada DKI Jakarta.

Halaman selanjutnya

Halaman

12

Sumber: Kompas.com

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *