UKM Tulang Punggung Perekonomian Indonesia

Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kementerian Perdagangan, Merry Maryati. (Foto Kemendag)

JAKARTA.NIAGA.ASIA – Usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Untuk itu, Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk mendukung UKM meraih peluang ekspor.

Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif, Merry Maryati mengatakan itu saat menjadi narasumber dalam lokakarya “Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM melalui Kurasi dan Pembentukan Lembaga Inkubator” yang digelar Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) secara hibrida yang dibuka oleh Direktur Eksekutif APKASI, Sarman Simanjorang dari Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Menurut Merry, upaya meningkatkan daya saing tersebut dilakukan melalui strategi peningkatan ekspor dan program peningkatan daya saing produk, seperti fasilitasi sertifikasi keamanan pangan, kekayaan intelektual dan halal, pendampingan desain, partisipasi pada pameran internasional di dalam maupun luar negeri, misi dagang, serta Trade Expo Indonesia.

Hadir sebagai narasumber pada acara ini yaitu Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Christina Agustin, yang memaparkan tentang pengembangan inkubasi terpadu untuk meningkatkan daya saing UMKM. Selain itu, dipaparkan kisah sukses Lumbung Inkubasi Generasi Muda Lestari Kabupaten Sigi dalam pengelolaan dan promosi komoditas lokal.

Lokakarya ini merupakan rangkaian kegiatan APKASI Otonom Expo (AOE) 2024 yang akan diselenggarakan pada 10–12 Juli 2024 di Jakarta.

Lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta AOE dalam menyiapkan produk-produk yang akan dipromosikan pada AOE agar layak dipasarkan, baik di dalam negeri maupun pasar internasional, serta mendorong pembentukan lembaga inkubator bisnis di daerah.

Sumber: Siaran Pers Kementerian Perdagangan | Editor: Intoniswan

Tag: UKM 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *