FT Unram Deklarasikan Komitmen Gerakan Sadar dan Tertib Arsip

Kepala Biro Keuangan dan Umum Unram, H. Aman bersama Dekan FT Unram, Muhamad Syamsu Iqbal dengan peserta FGD dan Workshop berfoto bersama di Aula FT Unram. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Fakultas Teknik Universitas Mataram (FT Unram) menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dan Workshop Penyelenggaraan Kearsipan selama dua hari di Aula FT Unram pada tanggal 18–19 Maret 2024.

FGD dan workshop ini mengusung tema “Dengan Komitmen Gerakan Sadar Tertib Arsip Menuju Tata Kelola Penyelenggaraan Kearsipan Berstandar Nasional” dan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kualitas penyelenggaraan kearsipan di lingkungan FT Unram, serta mempromosikan kesadaran akan pentingnya tata kelola arsip yang baik sesuai standar nasional.

Kepala Biro Keuangan dan Umum Unram, H. Aman, SP., MM., saat membuka acara tersebut mengungkapkan pentingnya kegiatan tersebut sebagai langkah nyata dalam meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas institusi dalam pengelolaan arsip, yang merupakan bagian integral dari tata kelola universitas yang baik.

“Kita perlu menyadari bahwa betapa pentingnya kearsipan ini. Oleh karena itu, kami mohon kepada Bapak/Ibu untuk kita bersama-sama melaksanakan tugas nasional. Kita mulai menata arsip dengan baik agar kedepannya nanti ketika segala kebutuhan arsip diperlukan, bisa cepat kita temukan,” tuturnya.

Sejalan dengan pernyataan tersebut, Dekan FT Unram, Muhamad Syamsu Iqbal, S.T., M.T., Ph.D. menyampaikan harapannya agar melalui kegiatan ini, seluruh civitas akademika FT Unram dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai praktik-praktik terbaik dalam manajemen arsip yang sesuai dengan standar nasional.

“Kami yang membidangi teknologi harus menjadi terdepan dalam hal digitalisasi arsip. Semoga ini menjadi penyamaan prespektif kita bersama mengenai kearsipan dan semoga yang dilakukan di informatika bisa diseminasikan untuk diikuti oleh fakultas lain,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Deklarasi Komitmen Gerakan Sadar dan Tertib Arsip FT Unram oleh dekan, wakil dekan, kepala bagian tata usaha, ketua jurusan, ketua program studi, dan kepala laboratorium di lingkup FT Unram.

Selanjutnya, dalam workshop yang diselenggarakan di Aula FT Unram diisi dengan pemaparan materi-materi yang mencakup tentang “Penciptaan, Penerimaan dan Penyimpanan Arsip Aktif” oleh Ikhwan, S.Sos., M.M. dan Muntaha, A.Md.S.I. Kemudian, materi terkait “Penggunaan, Pemeliharaan, Pemberkasan dan Penyusutan Arsip Aktif” oleh Insan Rahmana, S.T.

Dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Dedy Mulyadi, S.H. dengan judul materi “Pemindahan, Penyimpanan, dan Penggunaan Inaktif” dan pemaparan terakhir oleh Murniasih, S.H. dan Abdusyyakur, S.H. dengan judul materi “Pemeliharaan, Validasi Berkas, dan Penyusutan Arsip Inakti”. (ron/*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *