Mau Ikut Mudik Gratis dari Pemprov DKI Jakarta? Pendaftarannya Mulai 20 Maret, Simak Syaratnya

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan mudik gratis untuk warganya yang akan menyambut Hari Raya Idulfitri pada April 2024 mendatang.

Tercatat ada 19 kota/kabupaten yang menjadi tujuan dalam program mudik gratis ini.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, dalam mudik gratis ini, pemudik juga dapat mendaftarkan kendaraan sepeda motornya untuk diangkut menggunakan truk ke berbagai lokasi tujuan mudik. Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 20 Maret 2024.

“Catat tanggalnya dan siapkan berkas persyaratan anda! Jangan lupa bagikan informasi ini ke keluarga dan teman-teman kalian, ya,” ujar Syafrin pada Senin (18/3/2024).

Menurutnya, calon pemudik dapat mendaftarkan diri dan motornya melalui link https://mudikgratis.jakarta.go.id.

Untuk berkas yang diperlukan adalah Kartu Keluarga (KK), memiliki KTP DKI Jakarta dan mencantumkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

“Pemberangkatan truk (angkutan motor) dari Terminal Pulogadung, Jakarta Timur pada tanggal 3 April, sedangkan pemberangkatan bus (penumpang) di Monas, Jakarta Pusat pada tanggal 4 April,” katanya.

Selain mudik, Pemerintah DKI juga menyediakan arus balik bagi para pemudik. Pemberangkatan truk bermuatan sepeda motor dimulai dari tujuh terminal tujuan ke Terminal Pulogadung pada 13 April 2024.

“Untuk balik ke Jakarta pemberangkatan bus dari 19 terminal tujuan ke Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur,” tuturnya. (faf)

Baca juga: 3 Juta Orang Diprediksi Gunakan Kapal Laut, Kemenhub Siapkan Mudik Gratis Sambut Lebaran 2024

DATA : Mudik gratis Pemprov DKI Jakarta 2024Ke 19 Kota/Kabupaten di enam Provinsi

Lokasi Tujuan Bus Pemudik:1. Terminal Rajabasa, Kota Bandar Lampung2. Terminal Alang-Alang Lebar, Kota Palembang3. Terminal Indihiang, Kota Tasikmalaya4. Terminal Kertawangunan, Kab. Kuningan5. Terminal Kota Tegal6. Terminal Pekalongan7. Terminal Mangkang, Kota Semarang8. Terminal Kab. Kebumen9. Terminal Cilacap10. Terminal Bulupitu Purwokerto11. Terminal Tirtonadi Solo12. Terminal Mendolo Wonosobo13. Terminal Giwangan Jogjakarta14. Terminal Pilangsari Sragen15. Terminal Giri Adipura Wonogiri16. Terminal Purboyo Madiun17. Terminal Tamanan Kediri18. Terminal Kepuhsari Jombang19. Terminal Arjosari Malang

Lokasi Tujuan Truk Pengangkut Sepeda Motor Pemudik:1. Terminal Mangkang, Kota Semarang2. Terminal Kab. Kebumen3. Terminal Tirtonadi Solo4. Terminal Giwangan Jogjakarta5. Terminal Giri Adipura Wonogiri6. Terminal Kepuhsari Jombang7. Terminal Arjosari Malang

Tata Cara Pendaftaran1. Pendaftaran dimulai pada 20 Maret 2024 dan akan ditutup apabila kuota telah terpenuhi.

2. Calon Peserta menyertakan kelengkapan administrasi yang diperlukan yaitu Kartu Keluarga (KK), KTP DKI Jakarta (diutamakan) & STNK (bila membawa motor), setiap pendaftar dapat menambahkan maksimal 3 anggota keluarga dalam 1 Kartu Keluarga (KK).

Halaman selanjutnya

Halaman

12

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *