Dishub Samarinda Gelar Ramp Check Kapal Demi Mudik Aman dan Nyaman

Dishub Samarinda ketika melakukan Ramp Check kapal di Dermaga Sungai Kunjang (HO-Dishub Samarinda)

SAMARINDA.NIAGA.ASIA — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Samarinda melakukan Ramp Check kapal untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik Lebaran Idulfitri tahun ini.

Ramp Check atau pemeriksaan kelaikan terhadap sejumlah kapal itu dilakukan di Dermaga Sungai Kunjang di Jalan Untung Surapati, Rabu 20 Maret 2024.

Kepala Dishub Kota Samarinda Hotmarulitua Manalu menjelaskan kegiatan itu merupakan langkah awal dalam menciptakan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

“Menjelang lebaran, terjadi peningkatan jumlah penumpang dan barang yang diangkut kapal. Oleh karena itu, penting bagi kami untuk memastikan semua kapal laik dan aman untuk digunakan,” kata Manalu.

Berkolaborasi dengan Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (TSDP), Dishub Samarinda melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kelengkapan kapal, seperti life jacket (jaket pelampung), kondisi mesin, dan standar muatan.

Langkah ini dilakukan untuk memastikan semua kapal memenuhi standar keselamatan pelayaran.

“Tahun lalu, kami menemukan beberapa kapal yang memiliki life jacket rusak dan jumlahnya kurang. Kami minta pemilik kapal untuk segera menggantinya dan memastikan jumlahnya sesuai dengan standar, bahkan dilebihkan,” jelas Manalu.

Upaya Dishub Samarinda tidak berhenti di Dermaga Sungai Kunjang. Ramp check juga akan dilakukan di Dermaga Mahakam Ilir Pasar Pagi Jalan Yos Sudarso. Tidak hanya untuk kapal besar, Ramp Check juga ditujukan bagi kapal kecil.

“Kami ingin memastikan semua kapal yang beroperasi di Samarinda laik dan aman untuk mengangkut penumpang. Baik kapal besar maupun kecil,” ujar Manalu.

Dishub Samarinda berkomitmen untuk terus memantau aktivitas angkutan lebaran dan memastikan keselamatan penumpang hingga beberapa waktu ke depan.

“Kami memastikan muatan dipantau dengan ketat untuk menghindari kelebihan muatan, yang dapat mengganggu stabilitas kapal,” demikian Hotmarulitua Manalu

Penulis : Annisa Dwi Putri | Editor : Saud Rosadi

Tag: Lebaran 2024MudikSamarindatransportasi Sungai 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *