PLN Imbau Pelanggan Amankan Penggunaan Kelistrikan di Musim Penghujan

Petugas PLN secara rutin melakukan pemeliharaan jaringan sekaligus perabasan pohon yang berpotensi mengenai jaringan listrik. (Foto : UID Kaltimra/Niaga.Asia)

JAKARTA.NIAGA.ASIA – PT PLN (Persero) mengimbau seluruh pelanggannya untuk mengamankan penggunaan listrik pada cuaca ekstrim, yang kini memasuki musim penghujan, karena  berpotensi menimbulkan banjir.

Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto juga mengimbau masyarakat untuk aktif melaporkan ke PLN jika menemukan adanya banjir atau potensi bahaya aliran listrik.

“Sekarang memasuki musim hujan. Kami imbau masyarakat kalau ada hal-hal yang berpotensi membahayakan segera lapor PLN terdekat,” kata Gregorius, Sabtu (23/03/2024).

Masyarakat yang melihat dahan pohon terlalu berkedekatan dengan jaringan listrik dan berpotensi menimbulkan gangguan listrik, diharapkan menginformasikan ke tim PLN melalui PLN Mobile atau kantor layanan PLN terdekat, sehingga bisa dilakukan secepatnya perabasan.

Kemudian, PLN mengabarkan,  ketika terjadi hujan lebat yang menyebabkan banjir, PLN terpaksa  menghentikan  aliran listrik sementara ke kawasan rawan banjir. Langkah ini dilakukan demi mengutamakan keselamatan pelanggan dan menghindari kerusakan pada jaringan listrik.

Tips aman menggunakan listrik

“Pelanggan dapat menghindari potensi bahaya listrik selama mengikuti beberapa tips-tips yang disarankan PLN,” sebutnya.

Petugas PLN melakukan patroli kelistrikan untuk mengecek kondisi infrastruktur kelistrikan di wilayah terdampak banjir. (Foto : UID Kaltimra/Niaga.Asia)

Langkah pertama yang harus dilakukan masyarakat ketika air hujan mulai memasuki rumah atau saat kebocoran air di dekat aliran listrik adalah segera mematikan listrik melalui Miniature Circuit Breaker (MCB) kWh Meter.

Kemudian mencabut atau melepas peralatan elektronik dari stop kontak dan segera pindahkan ke tempat yang aman yang tidak terjangkau air. Pastikan kedua tangan atau tubuh dalam kondisi kering saat melakukan aktivitas ini.

“Masyarakat yang hendak melakukan langkah ini harus menggunakan alat pengaman seperti memakai sepatu anti air apabila kondisi hujan dan banjir saat di dalam atau luar rumah,” tuturnya.

Selanjutnya, hal penting lainya lagi adalah, pelanggan mengantisipasi kerusakan dan kebocoran instalasi dengan melakukan peremajaan atau pembaruan instalasi pada bangunan atau rumah sebab, tindakan demikian dapat mengurangi potensi bahaya listrik saat hujan.

Masyarakat juga dapat melaporkan kejadian gangguan kelistrikan maupun potensi gangguan akibat hujan melalui berbagai kanal yang telah disediakan antara lain aplikasi PLN Mobile, Contact Center PLN 123, atau menghubungi kantor PLN terdekat.

“Air merupakan konduktor yang kuat. Mari kita tingkatkan kewaspadaan khususnya saat terjadi hujan lebat yang berpotensi banjir,” tutup Gregorius. (ADVERTORIAL)

Tag: PLN 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *