Kebakaran Samarinda Hanguskan Bangunan dan Angkot, Relawan-Petugas Damkar Kena Pukul

Api saat berkobar di Jalan Cipto Mangunkusumo, Gang Harapan 3, RT 04, Kelurahan Simpang Tiga, Loa Janan Ilir, Samarinda, Minggu 31 Maret 2024 malam (Info Taruna Samarinda)

SAMARINDA.NIAGA.ASIA — Kebakaran di Jalan Cipto Mangunkusumo, Gang Harapan 3, RT 04, Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Loa Janan Ilir, Minggu 31 Maret 2024 malam, menghanguskan tiga bangunan dan satu armada angkutan kota (Angkot). Satu orang dilaporkan terluka ringan, dan dua orang relawan dan petugas pemadam dikabarkan dipukul warga tidak bertanggung jawab.

Api berkobar sekitar pukul 21.00 Wita. Delapan armada truk tangki dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda bersama satuan pemadam swasta, berikut 15 mesin portabel relawan Samarinda dikerahkan untuk memadamkan api.

Meski sempat terkendala sempitnya akses jalan, terbatasnya sumber air dan banyaknya warga menonton, kerja keras tim gabungan berhasil memadamkan api sekitar satu jam kemudian.

“Yang terbakar tiga bangunan tunggal dan satu armada angkot,” kata Joko Iswanto, Koordinator Relawan Info Taruna Samarinda (ITS), dikonfirmasi niaga.asia, Senin 1 April 2024.

Joko merinci bangunan yang terbakar dihuni 7 kepala keluarga (KK) atau sekitar 28 jiwa.

“Ada empat bangunan lain yang terdampak. Tidak ada korban jiwa, satu rekan relawan terluka ringan,” ujar Joko Iswanto.

“Kalau dugaan penyebabnya, api dari lantai dua salah satu bangunan, diduga dari kompor. Tapi untuk kepastiannya sedang dalam penyelidikan Polsek Sungai Kunjang,” Joko Iswanto menambahkan.

Disayangkan, di tengah upaya dan kerja keras relawan gabungan dan petugas Damkar membantu warga memadamkan kebakaran itu, dua orang relawan dan petugas Damkar diduga dipukul warga, yang langsung kabur usai kejadian.

“Satu rekan relawan dan satu personel Dinas Damkar Kutai Kartanegara yang datang membantu pemadaman kena pukul,” terang Joko Iswanto menegaskan.

Selain relawan kota Samarinda dan Loa Janan, Disdamkar Samarinda dan Kutai Kartanegara, unsur lainnya yang ada di lapangan di antaranya Polri-TNI, tim medis darurat ITS, PLN Samarinda serta Dinas Perhubungan Kota Samarinda.

“Data sementara ini diolah bersama Disdamkar Samarinda, satuan ITS dan juga rekan-rekan Tagana. Pembaharuan akan disampaikan kemudian,” demikian Joko Iswanto.

Sumber: Info Taruna Samarinda | Editor : Saud Rosadi

Tag: KebakaranPenganiayaanPeristiwaRelawanRelawan KemanusiaanRelawan SamarindaSamarinda 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *