Mulai Ramai, Pekerja IKN Mudik Lebaran Lewat SAMS Sepinggan dan Pelabuhan Semayang

Suasa aktivitas penumpang di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (HO-Humas Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan)

BALIKPAPAN.NIAGA.ASIA — Para pekerja pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai mudik ke kampung halaman masing-masing untuk berlebaran Idulfitri. Mereka menggunakan pesawat udara melalui Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dan juga kapal laut lewat Pelabuhan Semayang Balikpapan.

General Manager PT Angkasa Pura Cabang Bandara SAMS Sepinggan Ahmad Syaugi Syahab, menerangkan, dalam beberapa hari terakhir banyak para pekerja IKN memadati area keberangkatan bandara.

“Saya sempat ngobrol dengan beberapa penumpang, mereka mengaku pekerja IKN. Ada yang pulang sendiri, berkelompok hingga rombongan mencapai 30 orang lebih,” kata Syaugi, Kamis 4 April 2024.

Namun, Syaugi mengaku belum mengetahui secara rinci berapa jumlah pekerja IKN yang pulang kampung melalui Bandara SAMS Sepinggan. Dia menyebut, rerata dari mereka menggunakan maskapai penerbangan Lion Air.

“Kami belum ada datanya, karena tadinya kami pikir mereka dulu mau carter, ternyata tidak. Jadi mereka terbang bebas aja dan kami sudah siapkan,” ujarnya.

Senada disampaikan Pimpinan Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Balikpapan, Saleh. Dia mengaku banyak pekerja IKN dan beberapa pekerja dari proyek strategis nasional di Kaltim mudik menggunakan armada milik DLU dalam beberapa hari terakhir.

Bahkan, Saleh mengaku sebelumnya ada beberapa perusahaan datang ke kantor DLU, untuk berkoordinasi dalam memulangkan para pekerjanya.

“Kami juga telah meminta kepada perusahaan proyek IKN untuk memulangkan pekerjanya lebih awal dan secara bertahap, agar tidak terjadi penumpukan penumpang,” ucap Saleh.

Untuk kapasitas armada, lanjut Saleh, cukup dalam melayani calon pemudik baik tujuan Balikpapan-Surabaya maupun Balikpapan-Parepare.

“Untuk tujuan Balikpapan-Surabaya berkapasitas 1.200 penumpang setiap keberangkatan. Sementara tujuan Pare-Pare berkapasitas sekitar 900-an penumpang,” pungkasnya.

Penulis : Heri | Editor : Saud Rosadi

Tag: BalikpapanBandara SAMSIdulfitri 2024Lebaran 2024MudikPelabuhan Semayang 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *