Tinjau Pos Operasi Ketupat 2024, Pj Gubernur Akmal Malik: Tidak Ada Daerah Rawan di Kaltim

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik bersama Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi dan jajaran Forkopimda saat meninjau Pos Operasi Ketupat Mahakam di Samarinda, Selasa 9 April 2024 (HO-Biro Adpim Setprov Kaltim)

SAMARINDA.NIAGA.ASIA — Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik turun langsung memantau situasi malam takbiran Hari Raya Idulfitri di kota Samarinda, pada Selasa 9 April 2024 malam sekitar pukul pukul 20.00 WITA.

Hadir dalam monitoring lapangan tersebut di antaranya Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli dan Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso, serta Ketua DPRD Kota Samarinda Sugiyono.

Dalam kesempatan itu, Akmal mengunjungi beberapa titik keramaian dan kesiapan posko-posko pelayanan Operasi Ketupat Mahakam 2024 yang digelar di beberapa tempat.

Di antaranya, pos pengamanan utama di Jalan Gadjah Mada, tepatnya di depan Lamin Odah Etam, Kantor Gubernur Kaltim, serta dua pos pengamanan di pusat perbelanjaan Big Mall dan Robinson di Samarinda Square di Jalan M Yamin.

Akmal Malik mengatakan pemantauan langsung dia untuk memastikan kelancaran arus mudik, suasana malam takbiran, dan kesiapan posko-posko pengamanan Operasi Ketupat 2024, dalam melayani masyarakat yang digagas oleh Polda Kaltim dan Polresta Samarinda.

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik juga meninjau pos Operasi Ketupat 2024 di salah satu pusat perbelanjaan di kota Samarinda, Selasa 9 April 2024 (HO-Biro Adpim Setprov Kaltim)

“Kehadiran posko posko ketupat ini menjadi komunikasi masyarakat kepada pemerintah. Ketika masyarakat membutuhkan pelayanan, posko ketupat siap untuk melayani,” kata Akmal di sela peninjauan di Pos Pelayanan Operasi Ketupat Mahakam 2024, Jalan Gajah Mada, Samarinda.

Akmal bilang, selain di kota Samarinda, posko pelayanan dan pengamanan Lebaran 2024 ini, tersebar di 9 kabupaten/kota yang ada di Kaltim.

“Hampir semua kabupaten ada posko, di 7 kabupaten dan tiga kota ada poskonya yang berada di bawah komando langsung Polda Kaltim dan Polresta masing-masing, serta di backup semua instansi yang ada di Kaltim,” ujar Akmal Malik.

Akmal kembali menegaskan bahwa seluruh instansi terkait di Kaltim, juga ikut terlibat dalam pengamanan Lebaran 2024.

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik di Pos Operasi Ketupat 2024 di wilayah Sungai Kunjang, Samarinda, Selasa 9 April 2024. Selain di Samarinda, pos serupa juga ada di 9 kabupaten/kota lain di Kaltim (HO-Biro Adpim Setprov Kaltim)

“Kami terimakasih jajaran kepolisian yang sudah menggagas, menginisiasi keberadaan posko ini. Dan kita jadikan posko bersama pemerintah dengan masyarakat,” terang Akmal Malik.

Hingga saat ini, situasi mudik Lebaran 2024 terpantau aman dan lancar. Oleh karena itu, Akmal menegaskan sejauh ini belum ditemukan daerah yang masuk kategori rawan saat Lebaran.

Meskipun demikian, ia mengimbau agar masyarakat yang masih dalam perjalanan mudik untuk tetap waspada dengan memeriksa kondisi kendaraan secara berkala, demi menjaga keamanan dan kenyamanan perjalanan.

“Kepada masyarakat Kaltim khususnya Kota Samarinda yang hari ini kita bersama sama merayakan idulfitri mari berbahagia, tapi tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan kita masing-masing,” demikian Akmal Malik.

Penulis: Nur Asih Damayanti | Editor: Saud Rosadi

Tag: Akmal MalikLebaran 2024Samarinda 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *