Bandara APT Pranoto Incar Lagi Rute Semarang dan Manado

Lima pesawat parkir di apron Bandara APT Pranoto Samarinda, Rabu 19 April 2023. Apron rencananya akan diperluas sehingga mampu menampung 8 pesawat parkir (istimewa)

SAMARINDA.NIAGA.ASIA — Maskapai Super Air Jet akan menerbangi Samarinda-Denpasar mulai 26 April 2024. Berikutnya, rencananya rute Semarang dan Manado. Sebagai bandara di kota penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN), Badan Layanan Umum (BLU) Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda mendorong sinergi semua pihak untuk menghadirkan destinasi wisata bagi warga Kaltim dan IKN.

Penumpang dari Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, setibanya di Samarinda, memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan menuju Bandara Maratua di Maratua, sebagai destinasi wisata bahari.

Bandara APT Pranoto Samarinda menjadi satu-satunya melayani penerbangan menuju ke Maratua, sebagai salah satu wilayah terluar Indonesia.

“Kita coba create penerbangan komersil untuk ke Maratua. Jadi, kebutuhan masyarakat lokal, untuk wisata ke daerah sendiri. Sekarang, yang eksotik kan Maratua,” kata Maeka Rindra Hariyanto, Kepala BLU UPBU APT Pranoto Samarinda, dihubungi niaga.asia, Sabtu 13 April 2024.

Baca jugaSuper Air Jet Terbangi Samarinda-Bali PP Mulai 26 April 2024

Menangkap peluang itu, Maeka mendorong destinasi wisata lain di kabupaten dan kota sekitar kota Samarinda dipersiapkan dengan baik. Dalam hal ini, Bandara APT Pranoto menjadi salah satu pintu masuk untuk menghubungkan antar kabupaten dan kota di Kalimantan Timur.

“Daerah lain ada Kutai Kartanegara. Kan pintu gerbang di Balikpapan dan Samarinda nih. Kenapa kita tidak mulai dari daerah kita, untuk mengembangkan wisata daerah masing-masing. Seperti ada Kutai Barat, kota Samarinda sendiri, lalu Bontang dan Kutai Timur. Semua punya tempat wisata, saatnya kita bangkitkan,” ujar Maeka Rindra Hariyanto.

“Dengan begitu, Pemprov Kaltim, Pemkab dan Pemkot bisa sinergi, kolaborasi. Karena kan seiring IKN, otomatis harus juga ciptakan tempat rekreasi bagi warga IKN. Harapan kita, Pemprov support daerah wisata di Kaltim untuj berpacu menyiapkan daerah masing-masing,” Maeka menambahkan.

Suasana di luar gedung terminal Bandara APT Pranoto Samarinda, Rabu 3 Januari 2024 (niaga.asia/Saud Rosadi)

Kembali untuk berupaya terus memaksimalkan peran Bandara APT Pranoto, rencananya ke depan akan meningkatkan konektivitas antarkota di Kalimantan.

“Kita integrated antar Kalimantan. Rencana Samarinda ke Banjarmasin, Samarinda ke Tanjung Selor, dan Malinau. Sekarang ini, Malinau sedang survei untuk rute Samarinda dan Malinau. Jika memungkinkan akan kita buka rute itu,” terang Maeka Rindra Hariyanto.

“Selain itu, kita akan terus diskusikan dan komunikasikan bersama maskapai untuk rute berikutnya seperi Samarinda ke Semarang dan ke Manado. Apalagi tahun ini ada event nasional HUT RI (di IKN) dan MTQ nasional (bulan September 2024 di Samarinda),” demikian Maeka Rindra Hariyanto.

Penulis : Saud Rosadi | Editor : Saud Rosadi

Tag: Bandara APT PranotoIbu Kota NusantaraIKNPariwisataPemprov KaltimSamarinda 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *