Respons Warga Soal Rute Baru Samarinda-Bali, Tiket Kurang Lebih Balikpapan

Pesawat parkir di apron Bandara APT Pranoto di Samarinda, Kalimantan Timur (handout/NSR)

SAMARINDA.NIAGA.ASIA — Maskapai Super Air Jet melayani rute baru Samarinda tujuan Denpasar mulai Jumat 26 April 2024. Masyarakat merespons beragam. Berkaitan tiket, harganya tidak begitu selisih jauh dengan keberangkatan dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan di Balikpapan.

Warga Samarinda menyambut baik rute baru Samarinda tujuan Denpasar. Dengan begitu bisa memangkas ongkos, waktu maupun tenaga, ketimbang terbang dari Balikpapan.

Dita, 27 tahun, karyawan perusahaan swasta di Samarinda misalnya. Di bulan Februari 2024 lalu, dia bersama rekan sekantor terbang ke Denpasar berkaitan kegiatan gathering.

“Dari Balikpapan, dapat tiket Rp 1,2 juta karena waktu itu kan di Samarinda belum ada rute itu,” kata Dita, kepada niaga.asia, Minggu 14 April 2024.

Baca jugaBandara APT Pranoto Incar Lagi Rute Semarang dan Manado

Dita bilang rata-rata harga tiket saat itu Rp 1,2 juta-Rp 1,3 juta per orang. Meski penerbangan pukul 11.00 Wita, Dita bersama rekan kerjanya tetap harus berangkat lebih awal agar tidak ketinggalan pesawat di Bandara SAMS Balikpapan.

“Memang lewat tol Balsam lebih cepat. Tapi tetap saja berangkat pagi ke Balikpapan, antisipasi gangguan di jalan yang bisa bikin hangus tiket,” ujar Dita.

“Lain cerita kalau ada penerbangan ke Bali dari Samarinda. Pasti pilih terbang dari Samarinda. Hemat ongkos (mobil travel), hemat waktu, dan pastinya kebugaran badan lebih terjaga,” Dita menambahkan.

Tidak sedikit warga mengeluhkan harga tiket penerbangan Samarinda selisih jauh dengan Balikpapan. Lantas berapa sih harga tiket dari Balikpapan atau Samarinda tujuan Denpasar?

Harga tiket Super Air Jet rute Samarinda ke Denpasar pada keberangkatan Jumat 26 April 2024 (tiket.com)

niaga.asia mencoba menelusuri harga tiket melalui situs tiket.com misalnya, per pukul 18.38 Wita. Sebagai contoh untuk penerbangan Jumat 26 April 2024 dari Bandara APT Pranoto Samarinda, penerbangan langsung ke Denpasar didapati harga tiket Rp 1,298 juta menggunakan Super Air Jet.

Sedangkan di waktu penelusuran yang sama, penerbangan dari Bandara SAMS Balikpapan harga tiket ke Denpasar Rp 1,264 juta menggunakan Lion Air, dan Rp 1,51 juta menggunakan Citilink.

Harga tiket Lion Air dari Balikpapan tujuan Denpasar pada Jumat 26 April 2024 (tiket.com)

Pergerakan harga tiket sendiri adalah fluktuatif, antara peak season atau low season. Baik terbang dari Samarinda maupun Balikpapan tujuan Denpasar, sama-sama memakan waktu penerbangan kurang lebih 1 jam 40 menit.

“Memang kurang lebih aja kalau begitu kan? Sebenarnya mau berangkat dari Samarinda atau Balikpapan, toh sama-sama bandara penopang IKN (Ibu Kota Nusantara),” sebut Dita.

Harga tiket Citilink rute Balikpapan ke Denpasar untuk penerbangan 26 April 2024 (tiket.com)

Warga lainnya, Fadhil, 45 tahun, dengan dibukanya rute Samarinda ke Bali, menjadi penting untuk pemerintah daerah ikut mempromosikan destinasi-destinasi wisata di Kaltim, agar dikunjungi wisatawan luar Kaltim.

“Dari berita saya baca, wisatawan Bali bisa mengunjungi Maratua lewat Samarinda. Itu sangat bagus sekali. Travel perjalanan bisa membaca peluang besar ini, menjadikannya sebagai paket wisata Bali ke Maratua,” kata Fadhil.

Penulis : Saud Rosadi | Editor : Saud Rosadi

Tag: BaliBandara APT PranotoCitilinkDenpasarLion AirMaratuaPariwisataSamarindaSuper Air Jet 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *