LKS SMK 2024 Tingkat Kabupaten Telah Usai, Peraih Juara 1 Maju ke Tingkat Provinsi

PURWOREJO, purworejo24.com – Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tahun 2024 tingkat Kabupaten Purworejo, telah selesai dilaksanakan dan dilakukan penutupan di SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo, pada Kamis (25/4/2024).

LKS dilaksanakan selama kurang lebih 4 hari mulai tanggal 22-25 April 2024. Mereka yang berhasil meraih juara nantinya akan mewakili Kabupaten Purworejo maju LKS tingkat provinsi Jawa Tengah yang rencana akan dihelat pada tanggal 2-4 Mei 2024 di eks Karesidenan Pekalongan.

Ketua MKKS SMK, Budiono, mengatakan, LKS SMK tingkat Kabupaten Purworejo tahun 2024 diikuti oleh 160 siswa dari 40 SMK Negeri dan Swasta yang ada di Kabupaten Purworejo dengan mempertandingkan 23 mata lomba.

LKS itu dilaksanakan di 10 lokasi yang terpisah, diantaranya di SMKN 1 Purworejo, SMK Patriot Pituruh, SMK NU Gebang, SMK Pembaharuan Purworejo, SMK TI Kartika Cendekia Purworejo, SMK Muhammadiyah Purwodadi, SMK Bhakti Putra Bangsa, SMKN 2 Purworejo, SMK Batik Perbaik Purworejo dan SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo.

Dari 40 SMK yang ada, semua mengikuti kegiatan LKS, kecuali sekolah baru yang baru memiliki kelas X. Dari 39 yang mengikuti LKS tersebut, SMK yang memperoleh medali kejuaraan sebanyak 66,6 persen atau 26 SMK, baik itu juara 1, juara 2 ataupun 3. Sisanya 33,4 persen belum meraih prestasi/kejuaraan LKS,” terangnya.

Dari 23 mata lomba yang terselenggara di tingkat Kabupaten, medali emas terbanyak (4), diraih oleh SMKN 1 Purworejo dan SMKN 2 Purworejo, 3 medali emas diraih SMK Sawunggalih Kutoarjo, 2 medali emas diraih SMK YPT Purworejo, SMK TKM Purworejo dan SMK Batik Perbaik Purworejo. Perolehan 1 emas diraih SMK Kesehatan Purworejo, SMK Bharasa, SMK Pansa Kutoarjo, SMK YPP, SMKN 6 Purworejo dan SMK Muhammadiyah Purwodadi.

Untuk peraih medali terbanyak (9) diraih SMK TKM Purworejo, peraih medali terbanyak kedua (7) SMKN 1 Purworejo dan peraih medali terbanyak ketiga (6) SMK YPP Purworejo dan SMKN 2 Purworejo.

Itu artinya, tingkat pembinaan bapak ibu guru negeri dan swasta seimbang. Negeri dan swasta punya potensi yang sama,” ujarnya.

Disebutkan secara rinci, mereka yang meraih juara 1 dan nantinya akan menjadi wakil Kabupaten Purworejo maju ditingkat propinsi diantaranya untuk mata lomba Teknik Perancangan Permesinan CAD atas nama Muhammad Satria Fitrah Romadhon dari SMK YPT Purworejo, Sistem Otomasi Mesin Perkakas (CNC Milling) atas nama Sufyan Mustofa dari SMK YPT Purworejo, Teknik Rekayasa Cetak Plastik (Plastic die Engineering/ Mould Making) atas nama Afrida Maulana Riyadi dari SMK TKM Teknik Purworejo, Pattern Making/Prototype Modelling atas nama Ahmad Romadhon dari SMK Negeri 1 Purworejo, Production Machine/CNC Turning atas nama Muhammad Syarif Hidayatullah dari SMK Negeri 1 Purworejo, Teknik Kontrol Industri (Industrial Control) atas nama Nur Hidayat dari SMK YPP Purworejo, Teknik Instalasi Kelistrikan (Electrical Installation Commercial Wiring) atas nama Erik Afandi dari SMK Negeri 1 Purworejo, Teknik Pengelasan (Welding) atas nama Agung Dermawan dari SMK Negeri 1 Purworejo, Teknologi Automobil (Automobile Technology) atas namq Ghufron Fadhurohman dari SMK Negeri 6 Purworejo, Teknik Perawatan dan Perbaikan Sepeda Motor (Motorcycle Repair and Maintenance) atas nama Muhammad Dion Wijiyanto dari SMK Muhammadiyah Purwodadi, Teknologi Desain Grafis (Graphic Design Technology) atas nama Aditya Fauzan Alfaeizi dari SMK TKM Teknik Purworejo, Teknik Perancangan Model 3 Dimensi (3D Game Art) atas nama Pandu Prakusya dari SMK Negeri 2 Purworejo, Broadcasting atas nama Rizki Agung Saputra dan Ajeng Novianti dari SMK Negeri 2 Purworejo, Teknik Desain Laman (Web Technologies) atas nama Nayla Aulia Az Zahra dari SMK Batik Perbaik Purworejo, Teknologi Informasi Piranti Lunak untuk Bisnis (IT Software Solution for Business) atas nama Raditya Jayawardana dari SMK Batik Perbaik Purworejo, Teknologi Informasi Sistem Administrasi Jaringan (IT Network System Administration) atas nama Ikhwan Ganis Widodo dari SMK Pancasila 1 Kutoarjo, Teknologi Mode (Fashion Technology) atas nama Annisa Nur Latifa dari SMK YPE Sawungalih Kutoarjo, Hotel Receptions atas nama Tri Nur Nadadewi dari SMK Negeri 2 Purworejo, Pemasaran Dating (Marketing Online) atas nama Afrilya Dianda Budiserya dari SMK YPE Sawungalih Kutoarjo, Otomasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) atas nama Yulfa Eka Putri dari SMK YPE Sawungalih Kutoarjo, Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL) atas nama Reno Rija Pratama dari SMK Negeri 2 Purworejo, Farmasi (Pharmacy) atas nama Alyra Artanya dari SMK Kesehatan Purworejo, dan Keperawatan Sosial dan Kesehatan (Health and Social Care) atas nama Putri Kurnia Rahayu dari SMK Bhakti Putra Bangsa Purworejo.

Dijelaskan, dari pelaksanaan LKS kali ini dari panitia sudah menginventarisir problem- problem masalah yang terjadi baik skala kecil maupun yang lain. Hal itu akan menjadi catatan sekaligus menjadi evaluasi untuk pelaksanaan LKS tahun depan supaya menjadi lebih baik lagi.

Jaga nama baik Purworejo, karena ini mewakili kabupaten. Jika juara 1 berhalangan maka akan diganti juara 2. Jika juara 2 berhalangan maka akan diganti juara 3. Jadi, selalu jaga kesehatan,” pesannya. (P24/wid)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *