Transformasi Pendidikan Vokasi: Kado Mobil Listrik dari Presiden Jokowi

Hadiah Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke SMK Negeri 1 Rangas, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Selasa 23 April.2024 (Foto: BPMI Setpres)

MAMUJU.NIAGA.ASIA — Kunjungan Presiden Joko Widodo ke SMK Negeri 1 Rangas, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa 23 April 2024 lalu, membawa berkah tersendiri bagi sekolah tersebut. Presiden Jokowi memberi sebuah hadiah yang akan mentransformasi cara belajar siswa di SMK tersebut: sebuah mobil listrik.

Dengan latar belakang gedung sekolah yang telah berdiri sejak 1998 dan sempat rusak karena gempa Mamuju pada 2021, Presiden Jokowi menyampaikan kabar gembira tersebut di hadapan ratusan pelajar SMKN 1 Rangas. Ini bukan sekadar bantuan, melainkan simbol dari dorongan besar pemerintah dalam memajukan pendidikan vokasi dan teknologi di Indonesia.

“Tadi ada permintaan, karena di tempat praktik yang ada hanya mobil combustion, mobil yang manual lama, padahal sekarang sudah banyak dan zamannya mobil listrik sehingga perlu praktik juga isinya di dalam mobil listrik itu apa. Siang ini saya kirim mobil listrik untuk praktik, bukan untuk dikendarai,” ujar Presiden disambut riuh tepuk tangan para siswa dan guru.

Sesuai janji Presiden Jokowi, siang itu, sebuah mobil listrik pun langsung dikirim dari Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan dan tiba sehari setelahnya. Mobil berteknologi ramah lingkungan itu diterima langsung oleh Kepala SMK Negeri 1 Rangas, Mahmud.

Kepala SMKN 1 Rangas pun berbagi rasa syukur atas bantuan ini. Menurutnya, selama ini sekolah yang dipimpinnya telah memiliki beberapa peralatan untuk praktik belajar para siswa. Namun, untuk mobil, para siswa terbatas hanya belajar mobil berteknologi transmisi manual.

“Alhamdulillah setelah kunjungan Bapak Presiden Republik Indonesia, beliau memberikan bantuan berupa satu unit mobil listrik yang insyaallah ke depannya akan digunakan siswa-siswa kita untuk praktik,” ujarnya.

Siswa-siswa SMKN 1 Rangas, seperti Fadli dan Adrian, mengungkapkan kegembiraan mereka. Fadli, yang belum pernah melihat mobil listrik sebelumnya, merasa bahagia dan terinspirasi.

“Ini menambah wawasan kami. Sebelumnya kami hanya praktik dengan mobil manual,” kata Adrian.

Arisa, pelajar lain dari SMKN 1 Rangas, mengucapkan terima kasih kepada Presiden.

“Mobil ini sangat berguna bagi kami karena untuk meningkatkan kemampuan kami untuk masa depan nanti karena kemungkinan mobil listrik akan banyak digunakan oleh masyarakat,” kata Arisa.

Inisiatif ini tidak hanya membuka jendela teknologi baru bagi siswa SMKN 1 Rangas, tapi juga menunjukkan pentingnya pendidikan yang responsif terhadap perkembangan zaman. Dengan hadiah mobil listrik ini, SMKN 1 Rangas kini menjadi bagian dari sekolah-sekolah di Indonesia yang siap menghadapi era baru transportasi yang berkelanjutan.

Presiden Jokowi, melalui tindakan ini, bukan hanya memperbaiki infrastruktur yang rusak, tetapi juga membangun fondasi yang kuat untuk pendidikan vokasi yang inovatif dan berkelanjutan. Langkah yang bukan untuk pertama kali dilakukan oleh Presiden Jokowi ini menegaskan komitmen pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di berbagai daerah, termasuk di Mamuju.

Sumber: Biro Pers, Media dan Informasi Setpres | Editor: Saud Rosadi

Tag: JokowiKendaraan ListrikPendidikan 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *