Once Ingin Semua Daerah Punya Gedung Kesenian

Once Mekel dalam konferensi pers yang dilaksanakan Dinas Kominfo Kaltim  berkaitan dengan  Peringatan hari Musik Nasional Tahun 2024 di Samarinda, Jum’at (26/4/2024). (Foto Diskominfo Kaltim)

SAMARINDA.NIAGA.ASIA – Once Mekel calon anggota (Caleg) DPR RI 2024-2029 terpilih dari PDIP di dari Dapil DKI Jakarta  II dari PDIP ingin semua daerah di Indonesia mempunyai gedung kesenian yang bagus.

Hal itu disampaikan Once Mekel dalam konferensi pers yang dilaksanakan Dinas Kominfo Kaltim dalam Peringatan hari Musik Nasional Tahun 2024 di Samarinda, Jum’at (26/4/2024).

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara Pemilu tingkat nasional, yang dilihat Senin (18/3/2024), Once meraih suara sebanyak 60.623. Jika menggunakan metode Sainte Lague, Once dipastikan lolos ke Senayan.

Perolehan suara Once juga mengalahkan suara anggota DPR RI petahana, Eriko Sotarduga yang memperoleh 48.737 suara dan Masinton Pasaribu mendapatkan 50.992 suara. Diketahui, PDIP hanya mendapatkan satu kursi di dapil DKI Jakarta II.

Menurut Once, semua daerah mempunyai gedung kesenian, akan diperjuangkannya ketika sudah duduk di DPR RI. Keberadaan gedung kesenian bisa membuat seniman di daerah produktif dan perkembangan berbagai seni di daerah berkembang.

“Saya rasa semua pemerintah daerah ingin punya gedung kesenian yang representatif,” lanjutnya.

Once yang juga anggota PARPPI menambahkan, akan sangat menyenangkan bila seniman di daerah bisa menampilkan hasil karyanya di gedung yang bagus. Akan membanggakan sekali bila produk seniman lokal ditampilkan di gedung yang   representatif.

“Masyarakat juga akan tertarik datang menyaksikan hasil karya  seniman bila itu ditampilkan di gedung yang nyaman,” paparnya.

Ia berharap partainya, PDIP menempatkan dirinya di komisi yang membawahi kesenian, yakni Komisi X yang membidangi pendidikan, sejarah, dan olahraga.

“Kita lihat saja nanti, mudah-mudahan saya ditempatkan di Komisi X,” pungkasnya.

Once mengatakan, ia sangat gembira dengan perkembangan seni musik di Indonesia. Berkat bantuan teknologi sekarang ini, seniman di daerah juga tumbuh dan berkembang. Sekarang bisa dilihat di berbagai platform media sosial terpampang berbagai seni lokal, begitu pula dengan pelaku seni, bisa memamerkan hasil karyanya.

Penulis: Intoniswan | Editor: Intoniswan

Tag: Kesenian 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *