Sani Ingatkan Pentingnya Memahami Fungsi Pendidikan

Anggota Komisi IV DPRD Samarinda,  Sani Bin Husain. (Foto Dok Niaga.Asia)

SAMARINDA, NIAGA.ASIA – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Dr. Sani Bin Husain, S.Si, M.Pd, mengingatkan para pendidik agar memperhatikan fungsi pendidikan  dalam rangka memajukan pendidikan di Samarinda.

Fungsi pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

“Sedangkan dasar pendidikan nasional Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik

Indonesia Tahun 1945,” kata Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Samarinda pada Niaga Asia, Senin (29/4/2024).

Sekolah adalah tempat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan memiliki budi pekerti yang luhur.

Sekolah tempat membentuk generasi muda yang berakhlak mulia dan berkarakter Pancasila. Sekolah tempat mempersiapkan generasi muda dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni untuk menghadapi era globalisasi. Sekolah tempat menanamkan nilai-nilai budaya bangsa dan kearifan lokal kepada generasi muda.

“Apabila sekolah-sekolah dapat menjalankan fungsinya kita di Samarinda akan mempunyai

generasi muda yang tangguh, berkarakter, dan siap membangun bangsa, serta berakhlak mulia,” tegasnya.

Sani berharap guru benar-benar fokus mengajar dan memberikan pendidikan terbaik bagi anak didiknya. Kemudian, pemerintah meningkatkan setiap tahun kesejahteraan guru dengan menaikkan gaji, tunjangan, dan insentif guru secara berkala.

Penulis: Yuliana Ashari I Editor: Intoniswan I ADV DPRD Samarinda

Tag: Pendidikan 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *